Diversifikasi produk olahan jagung untuk meningkatkan pendapatan petani jagung

id Jagung, komidatas jagung, padang, sumbar,Unand

Diversifikasi produk olahan jagung untuk meningkatkan pendapatan petani jagung

Pengembangan jagung jadi komoditas agrobisnis. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Jagung merupakan komoditas unggulan kedua setelah padi dalam pembangunan pertanian Sumatera Barat. Namun, pemanfaatan jagung belum optimal.

Selain bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak, jagung juga bisa dikembangkan menjadi produk yang lebih lanjut dapat menjadi komoditas unggulan agrobisnis.

Pengolahan hasil tanaman jagung dimaksudkan untuk memperpanjang masa simpan jagung, meningkatkan nilai estetika jagung, meningkatkan keanekaragaman makanan dengan bahan dasar jagung, meningkatkan nilai jual, dan daya saing olahan jagung.

Salah satu produk olahan jagung yang dapat diaplikasikan pada kelompok wanita tani dengan menggunakan peralatan sederhana yaitu menjadi dodol jagung dan sirup jagung.

Dodol merupakan salah satu jenis produk olahan hasil pertanian yang bersifat semi basah, berwarna putih sampai cokelat, dibuat dari campuran tepung ketan, gula, dan santan.

Dodol merupakan makanan tradisional yang cukup populer di beberapa daerah Indonesia. Umur simpan dodol pada suhu kamar berkisar antara 10-12 bulan.

Menurut SNI (1994), sirup didefinisikan sebagai larutan gula pekat (sakarosa : High Fructose Syrup dan atau gula inversi lainnya) dengan atau tanpa penambahan bahan tambahan makanan yang diijinkan.

Definisi sirup yang lain yaitu sejenis minuman ringan berupa larutan kental dengan citarasa beraneka ragam, biasanya mempunyai kandungan gula minimal 65 % (Satuhu, 1994).

Sedangkan menurut Cruess (1958), sirup didefinisikan sebagai produk yang dibuat dengan cara melarutkan gula tebu atau sirup jagung, atau kombinasi keduanya dalam air, dengan menambahkan bahan penambah cita rasa pada larutan tersebut.

Berdasarkan uraian di atas pengolahan jagung menjadi dodol dan sirup jagung berpotensi untuk dikembangkan. Pengembangan pengolahan jagung mampu meningkatkan pendapatan petani jagung saat panen berlimpah, mengatasi kendala pascapanen jagung, mampu meningkatkan umur simpan jagung serta mampu meningkatkan lapangan kerja.*

*Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas.