Kadispers Lanud Padang minta calon siswa perhatikan faktor kesehatan

id Tes tni au, tni au, lanud sutan Sjahrir Padang,padang

Kadispers Lanud Padang minta calon siswa perhatikan faktor kesehatan

Calon siswa mengikuti tes samapta di Lanud Sutan Sjahrir Padang, Kamis (27/4). ANTARA/HO-Humas Lanud Sutan Sjahrir.

Padang (ANTARA) - Kepala Dinas Personel (Kadispers) Pangkalan Angkatan Udara Sutan Sjahrir Padang, Sumatera Barat, Letnan Kolonel Adm Aliyus meminta setiap calon siswa untuk memperhatikan faktor kesehatan saat mengikuti tes penerimaan prajurit TNI AU.

"Selain faktor kesehatan, setiap calon siswa juga harus mengetahui batasan kemampuan diri masing-masing agar dapat melaksanakan tes dengan baik dan lancar," kata Aliyus di Padang, Jumat

Hal tersebut disampaikan Kadispers terkait pendaftaran daerah calon prajurit taruna Akademi Angkatan Udara (TNI AU) Tahun 2023 yang dilaksanakan di Lanud Sutan Sjahrir.

Saat ini para calon siswa sudah melaksanakan atau mengikuti tes samapta jasmani A dan B yang dilaksanakan di Apron Disops Lanud Sutan Sjahrir Padang.

Tes samapta dilaksanakan setiap seleksi untuk menjadi prajurit TNI AU yang bertujuan mengetahui secara umum tingkat kemampuan fisik calon siswa. Selanjutnya, hasil tes akan digunakan sebagai bahan laporan.

"Tes samapta ini mutlak dilaksanakan oleh seluruh calon siswa taruna TNI AU," ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, seleksi taruna/taruni Lanud Sutan Sjahrir diawasi secara ketat oleh Kadispers Lanud Sutan Sjahrir serta Kepala Seksi Pembinaan Jasmani dan Kemiliteran (Kasibinjaskemil) Letnan Satu Kes. Jon Rinaldo.

Secara umum terdapat 38 orang calon siswa taruna/taruni AAU tahun 2023 dengan rincian 29 laki-laki dan sembilan perempuan yang mengikuti tes samapta.

Tes tersebut meliputi lari selama 12 menit, tolak angkat (push up), baring duduk (sit up), angkat badan (pull up), dan latihan kelincahan yang bertumpu pada gerakan cepat dan tepat dalam mengubah arah melalui gerakan lari secara bolak-balik (shuttle run), dan dilanjutkan tes renang dan postur.