Istri Gubernur Sumbar makan lesehan saat berbuka bersama warga

id istri gubernur sumbar

Istri Gubernur  Sumbar makan lesehan saat berbuka bersama warga

Istri Gubernur Sumbar Harneli Mahyeldi (tengah) saat buka bersama dengan anak panti asuhan dan masyarakat di Masjid Nurul Iman Alahan Panjang (ANTARA/Laila Syafarud)

Solok (ANTARA) - Istri Gubernur Sumbar Harneli Mahyeldi tidak gengsi makan lesehan dengan nasi bungkus saat berbaur buka puasa bersama dengan masyarakat di Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

"Umi berasal dari kampung, sudah biasa makan seperti ini. Bahkan momen buka puasa bersama seperti ini sangat dirindukan," kata Harneli yang biasa disapa Umi itu saat diwawancarai, Jumat.

Harneli mengatakan saat di rumah pun ia bersama keluarga juga sering makan lesehan (berjamba) dengan anak-anak dan suaminya.

Menurutnya, momen makan bersama seperti itu menunjukkan rasa kebersamaan dan tentunya untuk meningkatkan rasa kekompakan.

Lebih lanjut, Harneli mengatakan Ramadhan 1444 Hijriah ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk belajar menjadi pribadi yang sederhana serta sebagai ajang untuk berbagi dengan sesama.

Tim TP PKK Sumbar juga memiliki program berbagi sembako selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah di seluruh kabupaten dan kota bekerja sama dengan Baznas maupun aktivis yang bergerak di bidang sosial.

Selain itu, menurutnya, bulan suci Ramadhan ini juga merupakan momen penting yang harus dimanfaatkan dengan mengerjakan berbagai amal kebaikan.

Ia juga mengharapkan agar umat Islam di daerah itu memanfaatkan Ramadhan yang 1444 Hijriah ini sebagai refleksi tahunan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Ibadah puasa membentuk karakter baru, ada refleksi keimanan di dalam bulan Ramadhan," kata Harneli.

Lebih lanjut ia juga menuturkan bahwa kadangkala nilai spiritual dan keimanan seringkali mengalami pasang-surut.

Ibarat karet, iman itu kadang bisa ditarik maju dan mundur. Olehnya itu, Allah SWT memberi kesempatan kepada umat manusia berupa bulan Ramadhan sebagai ladang untuk meningkatkan keimanan dan melakukan refleksi diri agar menjadi insan bertakwa.*