Sumbar ekspor ikan garing dan ikan hias laut Rp45,83 juta Maret 2023

id SKIPM Padang,Sumbar,Padang,Hasil Perikanan,padang

Sumbar ekspor ikan garing dan ikan hias laut Rp45,83 juta Maret 2023

Kepala SKIPM Padang, Abdur Rohman (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu serta Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Padang, Sumatera Barat, mencatat ekspor ikan garing dan ikan hias laut senilai Rp42,83 juta dari provinsi itu sepanjang Maret 2023.

Kepala SKIPM Padang, Abdur Rohman di Padang, Senin, mengatakan untuk ikan kerapu, ada yang diekspor dalam kondisi hidup dan ada juga yang diekspor dalam bentuk beku.

Ia menyebutkan 98 ekor ikan kerapu dikirim ke Jepang dengan nilai Rp24,5 juta dan 60 kilogram ikan kerapu juga diekspor dalam bulan tersebut.

Selain itu ada 2.000 ekor ikan garing yang dikirim ke Malaysia dan 1.000 ekor ikan hias laut yang dikirim ke Taiwan serta hasil perikanan lainnya yang dikirim ke Malaysia sebanyak 22.490 ekor dengan nilai Rp22,3 juta serta ikan gembung beku seberat 2,49 kilogram yang juga diekspor dalam bulan tersebut.

Ia mengatakan total nilai ekspor yang dilakukan sepanjang Maret 2023 sebesar Rp45.824.500 dan pihaknya mengeluarkan delapan surat kesehatan ikan dalam periode tersebut.

Abdur Rohman mengatakan penurunan nilai ekspor terjadi karena perusahaan yang biasa mengirimkan tuna ke Jepang dan Amerika Serikat sedang melakukan pengurusan izin.

"Ikan tuna ada dikirim namun ke Jakarta dan ditulis pengiriman domestik meski ujung-ujungnya hasil perikanan itu nanti diekspor juga dari kota tujuan itu," kata dia.

Ia menambahkan untuk penerbangan langsung keluar negeri dari Sumbar sudah ada dan yang menjadi persoalan adalah belum ada pembeli dan unit pemasaran ikan dari Sumbar masih minim.

Menurut dia, pengiriman hasil perikanan secara domestik terus berjalan baik mulai ke Jakarta , Surabaya, Bali dan lainnya, hasil itu ada juga yang kemudian diekspor dari daerah tersebut.

"Ini yang perlu kita kembangkan dan edukasi pengusaha ikan dalam mengelola hasil tangkapan dengan baik sehingga mutu ikan dapat terjaga dengan baik," kata dia.