Momentum HUT emas Politeknik ATI Padang digelar seminar sawit

id ATI Padang, HUT Emas, seminar sawit, kemenperin

Momentum HUT emas Politeknik ATI Padang digelar seminar sawit

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Masrokhan. (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) emas ke-50 Politeknik ATI Padang, bersamaan dengan pekan sawit 2024, salah rangkaian kegiatannya digelar seminar tentang kelapa sawit dibuka oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita secara virtual lewat zoom.

"Penyelenggaraan Industrial Vocational Fair regional Sumatera pada hari ini bertepatan dengan Ulang Tahun Emas ke 50 Politeknik ATI Padang, yang diperingati pula dengan kegiatan Pekan Sawit 2024. Kegiatan ini akan dimeriahkan dengan acara, seminar, temu industri, bazar, Job Fair, open house, science competition, dan Fun Walk yang akan diikuti lebih kurang 1.000 orang lewat online maupun offline," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Masrokhan dalam sambutannya seperti rilis diterima di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan, kegiatan pada hari ini merupakan rangkaian kegiatan Industrial Vocational Fair 2024 yang dilakukan di 4 regional yaitu: Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera dan Sulawesi.

Kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan penerimaan siswa dan mahasiswa baru 2024 pada unit pendidikan vokasi di lingkungan Kementerian Perindustrian, sekaligus sebagai salah satu langkah Kemenperin membangun kesadaran pengembangan Pendidikan vokasi kepada seluruh stakeholder.

Sebagaimana arahan Bapak Menteri Perisdustrian pada launching Jarvis dan pembukaan IVF Regional Jawa Barat pada 2 Mei lalu, kata dia sembari mengatakan, seluruh satuan kerja Kemenperin saat ini tengah berusaha untuk mencapai target yang di tetapkan, yaitu meningkatkan jumlah penerimaan siswa dan mahasiswa sebesar 50% dalam waktu dua tahun, dan mempersingkat masa tunggu serapan menjadi 3-4 bulan, dengan tetap menjaga kualitas pendidikan dan pelatihan yang unggul

Selanjutnya, terkait dengan peningkatan penerimaan siswa dan mahasiswa, dapat kami laporkan bahwa pada tahun 2024 ini, ditargetkan penerimaan siswa dan mahasiswa baru melalui JARVIS sebanyak 7.526 orang, atau meningkat 906 orang (13,7%) dibandingkan tahun 2023 sebanyak 6.620 orang.

Sejak dibuka pendaftaran sejak 22 April lalu, hingga 19 Mei 2024, telah mendaftar sebanyak 21.019 orang (4.983 orang melalui Jarvis Bersama, 2.202 orang melalui Jarvis Mandiri dan 13.834 melalui Jarvis Prestasi. Dengan demikian animo pendaftar saat ini telah mencapai 1:3.

Sementara itu sebagai bentuk komitmen BPSDMI Kemenperin dalam membangun SDM kompeten, dan berbagi pengalaman kepada negara sahabat dalam memperkuat peran Indonesia di kancah global.

Dalam kesempatan kegiatan ini sekaligus akan dibuka pelatihan pengolahan produk kelapa untuk 19 orang dari sembilan negara di karibia yang merupakan hibah pelatihan dari Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) Kementerian Keuangan yang juga didukung oleh Kementerian Luar Negeri.

Ia menyebutkan para peserta berasal dari negara - negara di Karibia meliputi: Barbados, Kuba, Grenada, Bahamas, Saint Kitt and Nevis, Saint Lucia, Suriname, Guyana dan Saint Vincent dan Grenaldines yang tadi malam juga bersama.

Hari ini, dalam seminar yang menjadi rangkaian Ulang Tahun Emas Politeknik ATI Padang, Industrial Vocational Fair, dan Pekan Sawit 2024 telah berkumpul lebih kurang 750 orang peserta untuk mengikuti kegiatan Seminar Sawit yang merupakan hasil kerja sama dengan BPDPKS yang telah memberikan hibah beasiswa pendidikan kepada 3 politeknik Kemenperin untuk program diploma tiga.

Kemudian untuk.kegiatan Seminar Sawit ini "Sawit Generasi Emas: Membangun Masa Depan Berkelanjutan". Tema ini sangat menarik dan aktual tidak hanya karena Indonesia merupakan penghasil minyak sawit mentah terbesar di dunia, juga karena industri pengolahan kelapa sawit menjadi salah satu sektor yang sangat signifikan perannya dalam mengejar target pengurangan NZEE) di.Tahun 2050.

"Justru itu, melalui seminar ini. kita memiliki kesempatan untuk mendengarkan dari para ahli, praktisi, dan pemangku kepentingan lainnya, yang akan berbagi pengetahuan, pengalaman, dan solusi inovatif, untuk menghadapi berbagai tantangan pengembangan

industri kelapa sawit, mulai dari isu teknologi, SDM, lingkungan, sosial dan aspek-aspek penting lainnya",ucapnya.

Dalam kesempatan itu, berlangsung serah terima jabatan Direktur Politeknik ATI Padang dari Dr. Ester Edwar (2020-2024) kepada kepada Dr. Isra Mouludi. S.Kom. M.Kom. (2024-2028).

Dalam kegiatan tersebut, juga diisi penyerahan anugerah Ulang Tahun Emas Politeknik ATI Padang kepada mitra media yang berkontribusi terbanyak dalam publikasi, dan diraih media online fajarsumbar.com.

Turut hadir dalam kesempatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perindustrian, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar,

Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Perkebunan Kab/Kota se Sumatera Barat, para Mitra Industri dari SMK dan Politeknik Kemenperin yang berada di wilayah Sumatera, serta para Pimpinan Satker Kemenperin.*