Sumbar semakin dekat jadi tuan rumah Porwanas

id Sumbar,Porwanas,PWI

Sumbar semakin dekat jadi tuan rumah Porwanas

Gubernur Mahyeldi didampingi Kabiro Adpim, Maifrizon, sedang berdialog dengan pengurus PWI Sumbar membicarakan persiapan Sumbar menjadi tuan rumah Rakernaslub SIWO PWI dan Porwanas ke-14, di Mushalla Istana Gubernuran, Rabu (29/3) malam. (ANTARA/ HO Dokumen Pribadi)

Padang (ANTARA) - Sumatera Barat semakin dekat menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke-14 yang akan digelar pada 2024.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat Basril Basyar di Padang, Kamis mengatakan kepastian Sumatera Barat menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke-14, sudah hampir final.

Menurut dia sinyal Sumbar bakal jadi tuan rumah ajang olahraga para jurnalis se-Indonesia itu setelah disetujuinya Sumbar sebagai tuan rumah Rapat Kerja Nasional Luar Biasa (Rakernaslub) Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah.

"Insya Allah, Sumbar siap menjadi tuan rumah Rakernaslub SIWO PWI dan juga siap menjadi tuan rumah Porwanas ke-14," kata dia menirukan ucapan Gubernur Sumbar

Ia mengatakan Rakernaslu. SIWO PWI akan diikuti utusan PWI se-Indonesia dan akan dihadiri oleh Ketua Umum, Ketua dan Sekretaris SIWO PWI Pusat.

Dalam Rakernaslub itu akan dibahas berbagai agenda, termasuk penetapan tuan rumah sekaligus jadwal Porwanas dan cabang olahraga yang akan dipertandingkan serta hal-hal teknis lainnya.

Sebelumnya Ketua SIWO PWI Pusat, Ariwangsa mengatak salut dengan PWI Sumbar yang telah bisa meyakinkan gubernur untuk menjadikan Sumbar sebagai tuan rumah Rakernaslub SIWO.

“Saya juga salut pada bapak gubernur yang telah memberikan respon positif dan menyatakan Sumbar siap menjadi tuan rumah Rakernaslub SIWO PWI dan siap menjadi tuan rumah Porwanas ke-14," kata dia.

Menurut di peluang Sumbar menjadi tuan rumah Porwanas ke-14 sangat besar dan tinggal ketuk palu.

“Tanpa bermaksud mendahului, Insya Allah, Sumatera Barat menjadi tuan rumah Porwanas ke-14. Tinggal ketuk palu pada Rakernaslub SIWO PWI nanti," katanya

Ia mengatakan dari empat provinsi yang berminat menjadi tuan rumah Porwanas, secara administrasi, Sumbar yang paling siap dan memenuhi syarat.

"Satu-satunya Sumatera Barat yang mengajukan permohonan untuk menjadi tuan rumah Porwanas yang menyertakan surat rekomendasi dari Gubernur dan DPRD Sumbar. Sementara tiga provinsi lainnya; Kalimantan Timur, Solo dan Aceh, belum menyampaikan permohonan selengkap yang diajukan Sumatera Barat," katanya.