Gubernur ajak masyarakat jaga kesehatan dengan gelorakan olahraga

id Sumbar,PWI,Porwanas

Gubernur ajak masyarakat jaga kesehatan dengan gelorakan olahraga

Gubernur Sumbar bersama atlet dan ofisial Porwanas XIII (ANTARA/HO PWI Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengajak masyarakat setempat untuk selalu menjaga kesehatan di tengah kesibukan sehari-hari dengan menggelorakan olahraga.

"Olahraga dapat menyehatkan jiwa dan raga dan ini perlu rutin dilakukan masyarakat agar kesehatan terjaga," kata dia di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan pada saat ini masyarakat sibuk dengan pekerjaan di depan komputer dengan duduk dan juga sibuk bermain games di telepon pintar sehingga meminimalkan gerak fisik.

"Hal ini berdampak pada aktifitas tubuh yang minim dan dapat berdampak pada kesehatan," kata dia.

Ia mengatakan saat ini Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) digelar di Kota Padang pada 17-26 November 2022 dan Sumatera Barat ditunjuk sebagai tuan rumah. Selain itu Sumatera Barat melalui PWI Sumbar mengikuti kegiatan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang digelar di Malang.

"Belum lagi Pra POPNAS dan lainnya. Kami berharap iven olahraga ini dapat memotivasi masyarakat mencintai olahraga. Saya berharap PWI Sumbar dapat meraih prestasi di Malang. Tetap jaga sportifitas, dan jaga nama baik Sumbar," kata dia.

Selain itu olahraga merupakan kegiatan yang dicintai Nabi Muhammad SAW dan menjadi sunnah yang memberikan pahala kepada yang mengerjakan.

"Allah itu mencintai mukmin yang kuat daripada mukmin yang lemah. Ini tentu menandakan olahraga sangat dicintai untuk membentuk jasmani yang kuat," kata dia.

Sementara Plt PWI Sumbar Basril Basar mengatakan kontingen Sumatera Barat akan bertolak ke Malang pada Minggu (20/11) pagi untuk mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang akan dibuka Menpora dan diikuti ribuan wartawan se-Indonesia.

Sumbar bakal mengikuti Porwanas XIII di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) pada 21 - 27 November 2022. PWI Ranah Minang ini bakal mengikuti enam cabang olahraga dari 10 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Keenam cabang olahraga tersebut, bulutangkis, tenis meja, biliar, atletik, catur dan futsal. Dari enam cabang olahraga itu Sumbar bakal mengutus lebih kurang 41 atlet dan ofisial serta pelatih.

Porwanas dilaksanakan sekali tiga tahun dan sebenarnya iven antar wartawan se-Indonesia tersebut dilaksanakan pada 2019, namun karena hantaman COVID-19, maka iven nasional itu diundur dan akhirnya ditetapkan pada 21-27 November 2022 dengan tuan rumah Kota Malang, Jawa Timur.