Ketua DPRD Sumbar: Porwanas momentum insan pers majukan pembangunan

id Pekan olahraga wartawan, Porwanas, DPRD Sumbar

Ketua DPRD Sumbar: Porwanas momentum insan pers majukan pembangunan

Dokumentasi - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi berdialog dengan pengurus PWI Sumbar. (ANTARA/HO-Humas DPRD Sumbar)

Padang (ANTARA) - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi mengatakan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) Sumatera Barat 2024 merupakan momentum bagi insan pers untuk ikut serta memajukan pembangunan nasional.

"DPRD mendukung pelaksanaan Porwanas di Sumatera Barat tahun 2024 sebagai momen meningkatkan peran serta insan wartawan memajukan pembangunan nasional dan Sumatera Barat," kata Supardi di Padang, Sumatera Barat, Minggu.

Menurut dia, Porwanas tidak sekadar ajang perlombaan olahraga bagi wartawan, tetapi juga melekat peran profesi jurnalis yang pada prinsipnya membantu menyebarluaskan informasi pembangunan di tataran nasional, terutama di daerah Sumbar.

"Dampak positif Porwanas ini menjadi hal yang menarik dalam mendorong pembangunan, termasuk meningkatkan kunjungan wisata, investasi di Sumbar," jelasnya.

Dia juga menyinggung tahun politik pada Pemilu Serentak 2024, di mana momen itu berkaitan erat dengan kesinambungan pembangunan dan kepemimpinan nasional maupun daerah. Hal itu tentunya menyedot perhatian Pemerintah terutama terkait pendanaan.

Akan tetapi, Supardi menegaskan penyelenggaraan Porwanas tidak perlu khawatir karena agenda tersebut menjadi bagian penting dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

"Yang terpenting perencanaan kegiatan, bentuk kegiatan perlu disiapkan secara baik dan matang, termasuk menjaga muruah Sumatera Barat di pentas nasional menjadi tugas bersama," katanya.

Terakhir, Supardi berpesan agar insan pers di Ranah Minang terus menyebarluaskan informasi terkait potensi, keunggulan, perkembangan, serta kemajuan pembangunan di Sumbar.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar Basril Basyar mengatakan sebelum Sumbar ditetapkan sebagai tuan rumah Porwanas, provinsi itu terlebih dulu bersaing dengan empat daerah lain.

"Alhamdulillah, setelah melalui proses Sumbar akhirnya ditunjuk. Amanah ini mesti kami laksanakan secara maksimal dan baik," ujar Basril.