Polres Pasaman Barat imbau nelayan meningkatkan kewaspadaan saat melaut

id Pasaman Barat,Sumbar,Padang

Polres Pasaman Barat imbau nelayan meningkatkan kewaspadaan saat melaut

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki saat mengantarkan langsung korban kapal karam di Puskesmas Air Bangis, Sabtu (25/3).  (ANTARA/Altas M)

Simpang Empat, (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat mengimbau kepada nelayan agar meningkatkan kewaspadaan dalam pergi melaut saat musim hujan saat ini.

"Cuaca saat ini sangat ekstrim. Hujan disertai badai terjadi saat ini. Terbukti kemarin kapal bagan nelayan dihantam badai. Beruntung 12 anak buah kapal selamat meskipun enam orang sempat hilang," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan jika pergi melaut diharapkan nelayan dapat memeriksa kelayakan kapal sebelum berlayar, lengkapi dengan alat keselamatan di laut seperti pelampung atau kapal sekoci, perhatikan cuaca dan angin sebelum berlayar dan lengkapi kapal dengan alat Emergency Potition Indicating Radio Beacon (EPIRB).

Menurutnya para nelayan harus tetap memperhatikan keselamatan saat melaut. Kemudian jika cuaca memang tidak memungkinkan maka jangan paksakan karena sangar beresiko untuk keselamatan.

Ia sangat bersyukur dengan tidak adanya korban saat kapal bagan Roses 01 karam karena dihantam badai di perairan Karang Baru Gosong Sikabau dengan jarak dari muara Air Bangis lebih kurang 4 Mil, Jumat (24/3).

Diperkirakan kapal mengalami rusak pompa penghisap air dan dihantam badai. 12 orang anak buah kapal sempat hilang namun berkat kerja sama tim ke-12 orang itu dapat ditemukan.

"Dari 12 orang itu, enam orang baru ditemukan pada Sabtu (25/3) siang di perairan Maligi dalam keadaan terapung dan kelelahan setelah belasan jam terombang-ambing di laut," katanya.

Saat ini, katanya para korban itu sudah mendapat perawatan medis di Puskesmas Air Bangis.

"Berdasarkan itu, saya mengajak nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan saat melaut ketika cuaca ekstrim saat ini," ajaknya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pasaman Barat Gustrizal mengatakan saat ini cuaca tidak menentu di daerah itu.

"Kadang-kadang hujan secara tiba-tiba disertai angin dan badai. Masyarakat diminta tetap hati-hati," ajaknya.