Perumda Air Minum Padang siagakan empat truk air selama Ramadan

id Padang,Air Minum,Sumbar,Masjid

Perumda Air Minum Padang siagakan empat truk air selama Ramadan

Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Dirut Perumda Air Minum Padang, Hendri Pebrizal dan Kepala BKPSDM Arfian (ANTARA/ Mario SN)

Padang (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) Kota Padang, Sumatera Barat menyiagakan empat mobil tangki air bersih dalam mengantisipasi jika terjadi gangguan air di daerah setempat selama Ramadan 1444 Hijriah.

Direktur Utama Perumda AM Padang Hendri Pebrizal di Padang, Minggu mengatakan langkah menyiagaan truk berisi air bersih ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan air memadai bagi kebutuhan masyarakat termasuk dalam hal beribadah di masjid dan mushala selama bulan suci Ramadan.

Ia mengatakan hingga saat ini pasokan air berjalan lancar namun pasokan air akan terganggu apabila terjadi bencana banjir bandang di sumber-sumber air.

"Selama tidak terjadi air bah atau galodo pelayanan kita tidak akan ada dampak terhadap pelayanan penyaluran air kepada masyarakat," kata dia.

Menurut dia mobil tangki berisi air bersih ini akan mengangkut air ke lokasi-lokasi yang terdampak jika adanya kendala penyaluran air jika terjadi gangguan.

“Kami berharap tidak terjadi lagi bencana dalam bulan Ramadan ini yang bisa mengganggu ibadah masyarakat karena air yang keruh nantinya,” lanjutnya.

Menurutnya, dengan menyiagakan mobil tanki tersebut sudah bisa mengatasi jika terjadi kerusakan atau permasalahan air akibat bencana atau hal lainnya.

Sebelumnya Perumda Air Minum Kota Padang menggratiskan tagihan air bagi ratusan masjid dan mushala yang berlanggaran air hingga akhir tahun 2023.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan dirinya selaku kuasa pemegang modal memberikan perhatian khusus khusus kepada masjid dan mushala yang menjadi pelanggaran Perumda Air Minum.

Ia menyebutkan total ada 607 rumah ibadah yang terdiri dari 291 masjid dan 316 mushala yang ada di Kota Padang yang akan mendapatkan gratisan yang dimulai dari bulan April hingga Desember 2023.

Menurut dia langkah ini dilakukan setelah melakukan rapat bersama direksi Perumda Air Minum dan disepakati dana CSR perusahaan dikembalikan kepada masyarakat melalui masjid dan mushala.

"Total ada 1.600 masjid dan musala yang ada di Padang namun tidak semua yang berlangganan air dengan Perumda Air Minum. Untuk rumah ibadah non muslim juga akan kita berikan gratisan selama rumah ibadah itu berlangganan," kata dia.