Dr. Krismadinata jabat Rektor UNP Periode 2024-2029

id Dr. Krismadinata,Rektor UNP

Dr. Krismadinata jabat Rektor UNP Periode 2024-2029

Jumpa Pers hasil Sidang Khusus MWA pemilihan Rektor Universitas Negeri Padang, periode 2024-2029 di gedung Rektorat UNP, Rabu, (8/5). (ANTARA-Melani)

Padang (ANTARA) - Dr.Krismadinata, terpilih menjadi Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat periode 2024-2029, dalam pemilihan yang dilakukan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) pada Sidang Khusus MWA Pemilihan Rektor 2024-2029, yang di gelar di Ruang Sidang Senat, Universitas Negeri Padang.

“Hari ini Dekan Fakultas Teknik Krismadinata berhasil meraih suara terbanyak dengan 17 suara, dari total 24 suara MWA,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor, Prof. Alnedral di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan dua calon rektor lainnya yakni Prof. Yohandri mendapatkan enam suara, dan Dr. Refnaldi mendapatkan satu suara.

Dalam pemilihan calon rektor UNP tersebut, sembilan suara berasal dari Menteri dan 15 suara berasal dari anggota MWA lainnya.

"Ini adalah bagian terakhir dari proses Pemilihan Rektor UNP Periode 2024-2029 yaitu memilih rektor dari tiga calon rektor yang ada," jelasnya.

Ia menambahkan sesuai dengan perencanaan panitia dan MWA karena jabatan rektor lama yang dipegang oleh Prof. Ganefri akan berakhir pada 4 Juni 2024, maka secara otomatis pada tanggal 5 Juni 2024 akan dilantik rektor yang baru.

Namun karena sifatnya masih tentatif, Rektor UNP secara resmi akan menegaskan untuk pelantikan rektor baru dilakukan sebelum atau sesudah tanggal habis masa jabatan.

Sementara itu Sekretaris Majelis Wali Amanat UNP, Yusron Wikarya mengatakan sebagai MWA salah satu tugas utamanya adalah memilih dan melantik rektor.

“Dalam memilih rektor kami memiliki berbagai pertimbangan, seperti bagaimana perencanaan dan track record calon rektor,” sebutnya.

Pengalaman managerial dan akademik calon rektor menurutnya, menjadi salah satu indikator bagi MWA dalam melakukan pemilihan.

“Selain memilih dan melantik rektor, kami juga bertugas dalam pengawasan, dan memberi pertimbangan program yang akan dilaksanakan oleh rektor,” katanya.

Sebagai MWA dirinya berharap, agar ada keberlanjutan program yang sudah digagas dan dijalankan oleh rektor sebelumnya.

“Besar harapan kita rektor yang terpilih sekarang, dapat melanjutkan pembangunan dan program studi yang telah dibuka seperti program studi kedokteran, kedokteran hewan,” katanya.

Rektor UNP, Prof. Ganefri juga turut mengucapkan selamat atas terpilihnya Dr. Krismadinata, sebagai Rektor UNP periode 2024-2029.