Pemkot Padang pastikan kebersihan makanan di Pasar Pabukoan Imam Bonjol

id Pemkot Padang,Padang,pasar pabukoan

Pemkot Padang pastikan kebersihan makanan di Pasar Pabukoan Imam Bonjol

Sekda Kota Padang, Andree Algamar (ANTARA/Melani)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat memastikan Pasar "Pabukoan" yang difasilitasi pemda setempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol selalu diawasi BBPOM setiap hari sehingga aman dikonsumsi masyarakat.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Padang, Andree Algamar di Padang, Sabtu mengatakan total ada 35 pedagang yang berjualan makanan berbuka puasa mulai dari 24 Maret hingga 20 April 2023.

Pihaknya bekerja sama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang dalam mengawasi makanan dan minuman yang dijual pedagang tidak mengandung zat yang berbahaya.

Ia mengatakan pada tahun ini Pemkot Padang melalui Dinas Perdagangan menggelar Pasar Pabukoan yang di pusatkan di lapangan RTH Imam Bonjol.

"Pasar ini dibuat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mencari pangan yang murah dan bersih dan juga aman dari zat pewarna," kata dia.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Syahendri mengatakan Pasar Pabukoan di RTH Imam Bonjol Padang ini termasuk kalender iven pariwisata Kota Padang. Pemkot Padang tidak menentukan harga menu di Pasar Pabukoan, melainkan meminta pedagang menyesuaikan dengan harga di pasaran.

"Makanan yang dijual juga diserahkan kepada pedagang, intinya untuk kebutuhan berbuka puasa," kata dia.

Selain di RTH Imam Bonjol, Pasar Pabukoan juga digelar di pusat pertokoaan IPI disamping Balai Kota Padang Lama, Pasar Raya. Masyarakat juga menggelar Pasar Pabukoan di pusat keramaian masing-masing kecamatan di Kota Padang termasuk di pasar-pasar satelit.

Sementara Kepala BBPOM Padang Abdul Rahim mengingatkan bahwa pedagan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengawasi makanan yang mereka buat agar tidak menggunakan bahan berbahaya.

"Kita sudah lihat kondisi di Pasar Pabukoan Imam Bonjol dan lumayan bersih. Kami ambil kita beli kemudian kita langsung uji di laboratorium," kata dia.