Pameran Perguruan Tinggi, serentak bergerak wujudkan Kampus Merdeka

id LLDIKTI Wilayah X, pameran PT

Pameran Perguruan Tinggi, serentak bergerak wujudkan Kampus Merdeka

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalima saat pembukaan pameran pendidikan dan inovasi perguruan tinggi di SKA Co Ex Pekanbaru, Rabu (1/2/2023). (ANTARA/HO-Hms)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma menyampaikan persaingan perguruan tinggi kini semakin terbuka luas, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi kampus untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan berbagai program studi yang bermutu.

Hal itu disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah X saat membuka pameran pendidikan dan inovasi perguruan tinggi di SKA Co Ex Pekanbaru, pada 1 Februari 2023.

"Mencermati persaingan perguruan tinggi yang kini semakin terbuka luas, sehingga menantang setiap perguruan tinggi untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan berbagai program studi yang bermutu untuk melahirkan entrepreneur muda serta lulusan yang berkualitas di bidangnya," ucap Kepala LLDIKTI Wilayah X.

Afdalisma menambahkan, pelaksanaan Sumatera Education & Techno Expo 2023 yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah X dan didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini merupakan suatu sinergi positif dan efektif dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat luas yang membutuhkan informasi aktual tentang perguruan tinggi, khususnya pelajar SMA, SMK sederajat yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

"Alhamdulillah, kehadiran perguruan tinggi pada kegiatan Sumatera Education & Techno Expo 2023 ini diharapkan dapat memberi warna dan inspirasi bagi masyarakat dan para pelajar dalam memilih perguruan Tinggi yang berkualitas," kata Afdalisma pada kegiatan yang diorganisir oleh Micepro Indinesia dilaksanakan selama 3 hari sampai dengan 3 Februari 2023.

Sebanyak 34 perguruan tinggi yang berasal dari Pekanbaru, Batam, Padang, Bukittinggi, Jambi, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Malang, dan Bali ikut memeriahkan pameran serta serentak bergerak mewujudkan program Kemendikbudristek Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pada rangkaian kegiatan tersebut, Kepala LLDIKTI Wilayah X tampil sebagai pembicara pada talkshow "Cara Bijak Memilih Perguruan Tinggi yang dihadiri para pelajar.

"Tentukan minat dan jangan asal ikut pilihan teman saat kuliah. Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang mutu perguruan tinggi serta program studi. Lihat program beasiswa yang ditawarkan kampus serta yang tak kalah penting adalah cintai orang tua. Patuhi nasehat orang tua karena itu jalan menuju kesuksesan,” terang Afdalisma.

Sementara itu, Asisten III Sekretaris Daerah Provinsi Riau Joni Irwan menyampaikan apresiasi kepada LLDIKTI Wilayah X yang berperan aktif dalam membangkitkan semangat dan memfasilitasi expo pendidikan sebagai sarana informasi bagi para pelajar.

"Tentunya, kegiatan ini menjadi kesan tersendiri bagi anak muda dan sarana informasi dalam menciptakan generasi unggul yang memiliki hard skill serta soft skill untuk menentukan pilihan tepat melanjutkan studi," kata Asisten III Setdaprov Riau.*