Pemprov dan DPRD Sulbar lakukan Kunker ke Bukittinggi

id DPRD Sulbar,Psmprov Sulbar,Berita bukittinggi,Pemkot Bukittinggi

Pemprov dan DPRD Sulbar lakukan Kunker ke Bukittinggi

Pejabat Gubernur dan DPRD Sulbar melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Bukittinggi, Sumbar (Antara/Alfatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah bersama DPRD Provinsi Sulawesi Barat lakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Bukittinggi, rombongan Gubernur dan Ketua DPRD Sulbar diterima Wali Kota melalui Sekda di Balaikota Bukittinggi, Selasa.

Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Maliq, mengatakan kunjungan kerja ini dilakukan untuk mempelajari bagaimana program Pemkot Bukittinggi dalam menjalankan pemerintahan dengan memaksimalkan potensi sumber daya, wisata alam dan kuliner.

“Bagaimana pemerintah mengoptimalkan potensi-potensinya menjadi pendapatan daerah dan bagaimana upaya mengelolanya, banyak hal bisa kita replikasi nanti di Sulbar dan terima kasih atas sambutan dari Pemkot Bukittinggi atas kunjungan kami ini,” kata dia.

Ketua DPRD Provinsi Sulbar, Siti Suraidah mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi.

Ia menyoroti prestasi Kota Bukittinggi dalam inovasi yang dijalankan hingga berdampak positif pada peningkatan ekonomi masyarakat terutama melalui UMKM.

“Kami menilai ini sangat luar biasa, bagaimana pemerintah dapat membantu permodalan tanpa memberatkan nasabahnya dan juga berdampak baik untuk defiden bagi pemerintah daerah, ini bisa jadi contoh bagi kami untuk diterapkan di Sulbar nantinya, terima kasih atas informasi dan sambutan hangat dari Pemkot Bukittinggi," katanya.

Sementara itu, Sekda Martias Wanto menjelaskan Bukittinggi merupakan kota dengan luas 25 kilometer persegi di bawah kepemimpinan Wali Kota Erman Safar dan Wakil Wali Kota Marfendi, saat ini diarahkan untuk memprioritaskan peningkatan dan penyelamatan ekonomi kerakyatan.

"Tahun 2022 dan 2023 tidak banyak anggaran untuk pembangunan fisik, namun anggaran ditujukan untuk pembangunan non fisik dan ekonomi masyarakat, saat ini sudah dijalankan Tabungan Utsman untuk menyelamatkan warga, khususnya dari pedagang usaha mikro dari jeratan rentenir," katanya.

Menurutnya, Tabungan Utsman menjadi inovasi Pemkot bersama BUMD BPR Syariah Jam Gadang yang membantu permodalan para pedagang.

"Selain itu, Wako juga memprioritaskan untuk penambahan muatan lokal untuk pelajar SD dan SMP negeri se Kota Bukittinggi, lima muatan lokal itu, Budaya Alam Minangkabau, Fiqih, Sejarah Islam, Bahasa Arab, Aqidah Akhlaq," katanya.

Sekdako menambahkan bahwa Pemkot Bukittinggi juga telah menginisiasi penggratisan dan subsidi uang komite untuk pelajar SMA se Bukittinggi.

“Selama 2022 ini sudah dibantu melalui APBD untuk 13 rumah tahfiz dan tahun 2023 mendatang akan kita maksimalkan program ini sehingga visi pemerintah daerah, Bukittinggi hebat berlandaskan Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah, dapat direalisasikan,” pungkasnya