Pemkot Payakumbuh serahkan bantuan untuk korban banjir Sulbar dan Kalsel

id berita payakumbuh,berita sumbar,bantuan

Pemkot Payakumbuh serahkan bantuan untuk korban banjir Sulbar dan Kalsel

Kabag Kesra Pemkot Payakumbuh, Ul Fakhri saat menyerahkan bantuan dari sumbangan ASN di daerah itu kepada ACT. (Antarasumbar/HO)

Bantuan yang diserahkan kali ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama dari ASN Pemkot Payakumbuh,
Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menyerahkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp17 juta untuk korban bencana alam di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Bagian Kesra pemerintah setempat, Ul Fakhri di Payakumbuh, Rabu, mengatakan penyerahan bantuan yang berasal dari donasi ASN tersebut bekerja sama dengan lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT).

"Bantuan yang diserahkan kali ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama dari ASN Pemkot Payakumbuh," kata dia.

Ia mengatakan pihaknya telah melakukan penggalangan dana di lingkungan ASN yang sesuai dengan surat imbauan dari Gubernur Sumbar pada awal Februari 2021.

"Dari donasi yang digalang, dana yang terkumpul lebih kurang Rp17 juta. Semoga ini dapat bermanfaat bagi korban bencana banjir di Sulsel dan Kalbar," ujarnya.

Ia mengatakan bantuan kemanusiaan tersebut akan berangkat melalui program "Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan" yang akan langsung dilepas secara resmi oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dari Aula Rumah Dinas Gubernur menuju pelabuhan teluk bayur.

"Bantuan tersebut akan berlayar kamis besok (Kamis, 11/02) dari Teluk Bayur menuju lokasi bencana," katanya.

Penggalangan dana ini juga dilakukan di seluruh Provinsi Sumbar serta para perantau Minang dan perusahaan-perusahaan yang dikelola pemerintah dan swasta di Sumbar.

Ia mengatakan berdasarkan info dari ACT kapal kemanusiaan tersebut ditargetkan akan membawa 1.000 ton beras serta kebutuhan logistik lainnya.

"Dengan penggalang dana ini semoga amanah publik warga Sumbar dan perantau sampai ditujuan dengan selamat dan dapat bermanfaat dengan maksimal meringankan penderitaan mereka yang tertimpa bencana," ujarnya.