PT Semen Padang raih dua penghargaan Indonesia SDGs Award 2022

id PT Semen Padang,Indonesian SDGs Award 2022 ,Berita sumbar,Berita padang

PT Semen Padang raih dua penghargaan Indonesia SDGs Award 2022

Kepala Unit CSR PT Semen Padang, Rinold Thamrin (kanan) menerima penghargaan Indonesian SDGs Award 2022 (ISDA) yang diselenggarakan oleh Corporate Forum For Community Development (CFCD. (Antara/HO-Semen Padang)

Padang (ANTARA) - PT Semen Padang meraih dua penghargaan pada Indonesian SDGs Award 2022 (ISDA) yang diselenggarakan oleh Corporate Forum For Community Development (CFCD).

"Alhamdullillah PT Semen Padang berhasil meraih dua predikat The Gold Award, dari dua program yang diikutkan," kata Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis di Padang, Rabu.

Penyerahan penghargaan diserahkan pada Malam Anugerah ISDA 2022 di Jakarta, 22 November 2022 dihadiri Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin secara daring dan President of The CSR Company International Martin Neureiter, Kepala Sekretariat Nasional SDGs Vivi Yulaswati, CFCD Chairman Thendri Supriatno, Ketua Komite CSR CFCD Hardinsyah, para pengurus CFCD dan para pimpinan perusahaan di Indonesia.

Menurut Iskandar, dua predikat The Gold Award yang diraih PT Semen Padang yaitu Program Perbaikan Intake Aliran Sungai Lubuk Sariak di Kelurahan Baringin, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang dan Program Konservasi Ikan Bilih di Taman Keanekaragaman Hayati PT Semen Padang dan di Danau Singkarak Nagari Sumpur, Tanah Datar.

“Prestasi yang diraih pada ajang ISDA 2022 ini membuktikan program CSR yang dilaksanakan Semen Padang selama ini sudah sesuai standar praktis yang berlaku di industri mengacu pada ISO 26000 SR, dan mendapat pengakuan dari lembaga berkompeten di bidang CSR,” kata dia.

Ia menjelaskan, program Perbaikan Intake Aliran Sungai Lubuk Sariak yang meraih predikat The Gold Award merupakan salah satu dari empat pilar strategis pengelolaan CSR/TJSL PT Semen Padang.

Ia menyampaikan program perbaikan intake aliran Sungai Lubuk Sarik bermanfaat bagi 235 kepala keluarga untuk pengairan sawah seluas 120 hektare yang dikelola tiga kelompok tani dan 15 unit kolam air deras di Kelurahan Baringin.

"Usai terjadinya banjir bandang pada 2015 merusak intake sehingga lahan pertanian dan perikanan masyarakat mengalami kekeringan. Namun kini, masyarakat kembali dapat memanfaatkan lahan tersebut ," kata dia.

Sementara Program Konservasi Ikan Bilih atau mystacoleucus padangensis, merupakan upaya melindungi dan mencegah spesies ikan bilih yang terancam punah.

"Ikan bilih terancam punah karena pengambilan yang tidak selektif menggunakan alat tangkap jaring insang dan bagan. Padahal, ikan bilih berperan penting sebagai sumber mata pencaharian masyarakat di sekitar Danau Singkarak," kata dia.

Pelaksanaan program ini sudah dimulai sejak 2018 dengan melakukan berbagai penelitian terhadap spesies dan tempat habitatnya bersama Universitas Bung Hatta.

Akhirnya, dibuat kawasan konservasi di Taman Kehati PT Semen Padang yang mampu melakukan pembenihan berkala ikan bilih untuk filrpsd ke daerah asal di Danau Singkarak. Bahkan tidak hanya itu, melalui program TJSL Semen Padang juga membuat resevate area di Nagari Sumpur.

"Pada tahun ini kami telah melakukan pengembalian sebanyak dua kali ikan bilih dengan jumlah 7.000 ekor ke Danau Singkarak di Nagari Sumpur," ujarnya.

Sementara itu, CFCD Chairman Thendri Supriatno mengatakan penganugerahan ISDA 2022 diberikan kepada dunia usaha dan institusi yang menjalankan best practice tercapainya SDGs di Indonesia.

Pada tahun ini tercatat sebanyak 103 perusahaan yang tercatat sebagai partisipan. Para peserta yang boleh mengikuti ISDA adalah perusahaan yang telah meraih proper biru, hijau dan gold.