Subsidi harga, Dinas Koperasi dan UKM Pasbar adakan pasar murah di Gunung Tuleh

id Dinas Koperasi dan UKM Pasbar,Berita Pasaman Barat,pasar murah di Gunung Tuleh

Subsidi harga, Dinas Koperasi dan UKM Pasbar adakan pasar murah di Gunung Tuleh

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Pasaman Barat saat mengadakan bazar dan pasar murah di Gunung Tuleh dalam rangka membantu masyarakat memperoleh kebutuhan pokok di bawah harga pasar. (Antara/Altas Maulana).

Simpang Empat (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengadakan bazar dan pasar murah di Paroman Kecamatan Gunung Tuleh dengan menyediakan sejumlah kebutuhan pokok dengan harga di bawah harga pasar, Rabu.

Kepala Koperasi dan UKM Pasaman Barat Fahrein di Simpang Empat, Rabu, mengatakan pihaknya gencar mengadakan bazar dan pasar murah untuk meringankan beban masyarakat di tengah laju inflasi saat ini.

Sebab, katanya, harga kebutuhan pokok di pasar murah disubsidi oleh pemerintah, sehingga lebih rendah dibandingkan dengan harga di pasaran.

Ia mencontohkan diantara bahan kebutuhan pokok yang disediakan seperti gula, minyak goreng, telur ayam, beras IR-64 (10 kilogram), beras IR-64 (5 kilogram), beras IR-42 (5 kilogram) dan kebutuhan lainnya. Dengan subsidi harga mencapai Rp6 ribu.

Ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan peluang yang diberikan oleh pemerintah dan berbelanja di pasar murah yang digelar tersebut. Dengan begitu diharapkan lonjakan harga bisa turun secara bertahap.

Menurutnya bazar dan pasar murah itu akan gencar dilakukan hingga Desember mendatang bekerjasama dengan Bulog Cabang Bukittinggi.

Untuk itu ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan peluang yang diberikan oleh pemerintah di tengah tingginya harga bahan pokok.

"Segera ambil peluang ini, apalagi harga yang dijual di bahwa harga pasar," katanya.

Camat Gunung Tuleh M. Ghor menyambut baik apa yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Pasaman Barat yang menggelar bazar dan pasar murah.

Sebab, bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok di tengah harga-cukup tinggi.

"Terima kasih kami sampaikan kepada

Pemkab, karena kami lihat bazar dan pasar murah ini tepat sasaran," katanya.

Selain itu pihaknya telah melakukan instruksi dari pemerintah daerah dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam kebutuhan rumah tangga seperti menanam cabai.

"Instruksi ini kita sampaikan kepada masyarakat agar mereka menanam cabai dan kebutuhan rumah tangga di lahan pekarangan. Kita juga bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK kecamatan, nagari hingga jorong. Sehingga kebutuhan rumah tangga akan terbantu dan harga kembali stabil," sebutnya.

Sementara itu Pejabat Wali Nagari Rabi Jonggor Niswan Adil Lubis menilai warganya antusias menyambut bazar dan pasar murah. Apalagi harga yang ditawarkan di bawah harga di pasaran.

"Nampaknya warga menyambut baik adanya pasar murah ini. Memang kebutuhan pokok ini merupakan kebutuhan dasar kita semua. Walaupun harganya melambung tinggi, kita tetap membelinya juga. Dengan adanya subsidi harga dari Dinas Koperasi dan UKM jelas akan membantu masyarakat dan masyarakat cukup antusias," katanya.***1***