Nagari Kamang Hilia Agam raih predikat istimewa desa anti korupsi

id Nagari Kamang Hilia Agam,desa anti korupsi,Berita agam,Berita sumbar

Nagari Kamang Hilia Agam raih predikat istimewa desa anti korupsi

Tim Penilaian dan Konsultan Madep Desa Anti Korupsi. (Antara/HO-Dok Diskominfo Agam)

Lubukbasung (ANTARA) - Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat meraih predikat istimewa desa anti korupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI), setelah mengantongi nilai 93,25.

Tim Penilai dan Konsultan Madep Desa Anti Korupsi, Eni Kardi Wiyati di Lubukbasung, Kamis, mengatakan Nagari Kamang Hilia menjadi salah satu dari 10 desa anti korupsi Indonesia yang dinilai oleh KPK RI.

"Atas penilaian tersebut, Nagari Kamang Hilia berhasil meraih nilai sebesar 93,25 dengan predikat istimewa dari KPK RI berdasarkan seluruh tahapan penilaian yang dilakukan," katanya.

Ia menambahkan, ada 18 indikator yang dinilai yakni, laporan pertanggungjawaban realisasi APB Nagari, mekanisme evaluasi kinerja perangkat, adanya Perna atau standar operasional prosedur (SOP) pengendalian penerimaan gratifikasi suap, kerjasama pengadaan barang dan jasa, Perna atau SOP tentang pakta integritas.

Kemudian pengawasan dan evaluasi kinerja perangkat nagari, tindak lanjut hasil pembinaan dan pengawasan dinas terkait, keterangan tidak adanya aparatur yang terjerat tindak pidana korupsi, layanan pengaduan masyarakat serta survey kepuasan masyarakat.

Selanjutnya indikator informasi standar pelayanan minimal, informasi anggaran nagari, maklumat pelayanan minimal, partisipasi masyarakat dalam perencanaan nagari, video testimoni, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nagari, budaya lokal tentang upaya pencegahan korupsi dan sikap tokoh masyarakat dalam pencegahan korupsi.

"Semoga Nagari Kamang Hilia dapat mempertahankan nilai istimewa ini dan melakukan tindak lanjut atas catatan penilaian yang dilakukan," katanya.

Ia berharap pemerintah nagari melakukan sosialisasi secara bertahap terhadap peraturan wali nagari yang sudah dilakukan, sehingga masyarakat akan mengetahui aturan yang ada.

Sementara Wali Nagari Kamang Hilia, Khudri Elhami terharu atas hasil penilaian dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim di Pemerintahan Nagari Kamang Hilia.

“Secara umum saya bangga dengan Nagari Kamang Hilia, melebihi ekspektasi nilai yang kami targetkan,” katanya.