Gubernur tinjau lokasi rencana pembangunan jalan Akabiluru-Kamang

id Jalan antarkabupaten, akabiluru, kamang, mahyeldi

Gubernur tinjau lokasi rencana pembangunan jalan Akabiluru-Kamang

Gubernur Sumbar, Mahyeldi meninjau lokasi rencana pembangunan jalan penghubung dua kabupaten, Limapuluh Kota dan Agam, Rabu (20/9/2023). (FOTO ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi meninjau lokasi rencana pembangunan jalan penghubung antara Akabiluru di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan Tilatang Kamang di Kabupaten Agam.

"Pembukaan akses jalan antarkabupaten ini akan berdampak positif bagi sektor ekonomi dan pendidikan masyarakat kedua daerah," katanya di Nagari Sungai Balantiak, Limapuluh Kota, Rabu.

Ia mengatakan rencananya panjang jalan yang akan dibuka itu nantinya sekitar tujuh kilometer. Dengan adanya jalan itu akses antara dua daerah akan semakin dekat.

"Akses penghubung ini akan berdampak positif untuk banyak lini, terutama sekali bagi ekonomi masyarakat. Di Akabiluru, aktivitas ekonominya sangat bagus. Ada perternakan, perkebunan, bahkan budidaya madu galo-galo. Sementara Tilatang Kamang juga punya potensi yang akan saling mendukung," katanya.

Selain itu, kata Gubernur, pembukaan jalan ini juga akan membuka akses lebih luas bagi dua Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) yang berada di masing-masing wilayah, yaitu SMK IT di Kamang dan SMK Kesehatan Negeri Akabiluru.

"Akan terbuka peluang bagi anak-anak Kamang dan sekitarnya untuk bersekolah di SMK Kesehatan Negeri Akabiluru, begitu pun sebaliknya bagi anak-anak Akabiluru untuk bersekolah di SMK IT Kamang," katanya.

Mahyeldi mengatakan Pemprov Sumbar akan upayakan sesegera mungkin merealisasikan jalan penghubung Akabiluru-Kamang tersebut. Dalam kunjungan itu ia sengaja langsung membawa dinas terkait untuk memulai kajian atas rencana itu.

"Di samping itu, tentu kita berharap agar masyarakat mendukung penuh rencana pembangunan jalan ini. Terutama sekali terkait lahan yang akan dilalui nantinya oleh jalan ini," ujarnya.

Selain rencana pembangunan jalan, Gubernur Mahyeldi juga meninjau lokasi rencana pembangunan jembatan di Sungai Batang Lamposi, yang menghubungkan Nagari Sungai Balantiak dengan Nagari Sariak Laweh yang merupakan lokasi berdirinya SMK Kesehatan Negeri Akabiluru.

"Jembatan itu penting dibangun untuk memangkas rute tempuh antarkedua nagari, serta lebih memudahkan siswa untuk menuju ke SMK Kesehatan," kata Mahyeldi.

Wali Nagari Sungai Balantiak, Dedi Henidal, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur Sumbar, yang telah meninjau lokasi rencana pembangunan jalan serta jembatan di nagari tersebut.

Ia meyakini, taraf kehidupan warga Akabiluru, khususnya warga Sungai Balantiak, akan meningkat dengan hadirnya dua sarana publik tersebut.

"Harapan kami jalan dan jembatan ini segera terealisasi. Kami warga Sungai Balantiak siap untuk membantu," demikian Dedi Henidal.