Polda Sumbar inisiasi doa bersama insan sepakbola untuk korban Kanjuruhan Malang

id Polda Sumbar,Semen Padang,doa bersama,korban Kanjuruhan Malang,berita padang,berita sumbar

Polda Sumbar inisiasi doa bersama insan sepakbola untuk korban Kanjuruhan Malang

Polda Sumbar gelar doa bersama insan sepakbola Sumatera Barat untuk korban insiden di Stadion Kanjuruhan Malang (1/10) di Masjid Ar Rahman Polda Sumbar pada Selasa malam (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Polda Sumatera Barat menginisiasi doa bersama insan sepakbola Sumatera Barat untuk seluruh korban insiden di Stadion Kanjuruhan Malang usai laga Liga 1 BRI antara Arema menghadapi Persebaya.

Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto di Padang, Rabu menyampaikan duka mendalam dalam insiden yang terjadi di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada 1 Oktober 2022.

Suporter dan kepolisian menjadi korban dari peristiwa tersebut sebanyak 125 orang meninggal dunia sementara korban luka-luka mencapai 323 orang.

"Untuk itu, kita hadir di sini bersama turut berbela sungkawa, mari kita doakan semoga arwah korban insiden Kanjuruhan, diterima di sisi-nya dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi ketabahan dalam musibah ini, dan untuk para korban yang luka-luka semoga segera diberikan kesembuhan dan dapat beraktifitas seperti sedia kala. Aamiin," kata dia.

Dirinya berharap semua dapat saling menjaga dan jadikan peristiwa ini sebagai introspeksi bagi seluruh pihak agar setiap pertandingan berjalan dengan kondusif dan hal serupa tidak terjadi di Sumatera Barat pada khususnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya.

"Harapan kita semua insiden di Stadion Kanjuruhan adalah insiden terakhir persepakbolaan di tanah air jangan sampai ada lagi insiden seperti ini di masa yang akan datang," kata dia.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan menambahkan kegiatan doa bersama ini akan dilaksanakan selama lima hari mendatang.

"Kegiatan ini, mulai malam ini sampai dengan terakhir malam minggu. Jadi lima hari berturut turut kita laksanakan dengan target jemaah kurang lebih 1.000 orang setiap malam. Kita prioritaskan setiap malamnya yaitu untuk penggemar sepakbola, khususnya suporter pendukung dari Semen Padang FC," kata dia.

Sementara CEO Semen Padang FC Win Bernadino mengapresiasi langkap tanggap yang diambil Polda Sumbar menyikapi kejadian yang ada di Kanjuruhan Malang.

"Kita berdoa untuk korban dan keluarga agar dapat tabah dan yang sakit agar segera diberikan kesembuhan," kata dia

Kegiatan doa bersama ini di Polda Sumbar dihadiri Forkopimda, PSSI Sumbar dan Ketua PSSI Padang, manajemen dan pemain Semen Padang FC, suporter dari Semen Padang FC, suporter Arema FC di Padang, serta anak-anak dari panti asuhan.

Kegiatan diawali dengan shalat isya berjemaah, dilanjutkan dengan shalat ghaib lalu membacakan shalawat nabi, dilanjutkan dengan membaca surat yasin dan diakhiri dengan doa bersama yang digelar di Mesjid Ar Rahman Polda Sumbar. (*)