Wantanas imbau masyarakat manfaatkan lahan kosong tanam tanaman produktif

id Wantanas,lahan kosong tanam tanaman,PT Supreme Energy Muaralaboh,Berita solsel,Berita sumbar

Wantanas imbau masyarakat manfaatkan lahan kosong tanam tanaman produktif

Deputi Sistem Nasional Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) Mayjen TNI Syachriyal Efendi Siregar bersama perwakilan dari PT Supreme Energy Muaralaboh Bujang Joan Datuak Maninjun saat kunjungan ke proyek panas bumi. Antara/ErikĀ 

Padang Aro (ANTARA) - Deputi Sistem Nasional Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) Mayjen TNI Syachriyal Efendi Siregar mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah untuk menanam tanaman produktif.

"Sekarang teknologinya sudah ada tinggal kemauan serta kreativitas masyarakat dalam menerapkannya," katanya saat kunjungan ke PT Supreme Energy Muaralaboh, di Padang Aro, Kamis.

Menurut dia, dengan menanam tanaman produktif seperti cabai, bawang dan lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan primer maka masyarakat sudah membantu dalam menjaga ketahanan pangan.

Negara Indonesia katanya, paling rapuh soal ketahanan pangan sebagai contoh bila ada cabai tidak panen disatu wilayah yang membuat stok langka maka semua akan ribut.

Jadi katanya, dengan adanya ketersediaan tanaman kebutuhan ini disekitar rumah maka minimal bisa memenuhi kebutuhan sendiri.

Dia menyebutkan, kemarin saat kunjungan ke Korem di Sumbar hal ini sudah mereka terapkan dimana setiap keluarga anggota diharuskan menanam.

Dalam hal ketahanan pangan katanya tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah karena masyarakat juga mempunyai tanggung jawab.

Kebutuhan primer ini katanya adalah masalah perut dan kalau perut terisi pikiran jadi jernih sehingga bisa melakukan hal lain yang lebih baik.

"Butuh kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan," ujarnya.