PSSI undang 10 pengawas pertandingan asal Sumbar ikuti penyegaran

id PSSI,Asprov PSSI Sumbar,Liga 2

PSSI undang 10 pengawas pertandingan asal Sumbar ikuti penyegaran

Match Commisioner asal Asprov PSSI Sumbar Edo Wiradana (tengah) saat bertugas di salah satu pertandingan di Kota Padang. (ANTARA/HO Edo Wiradana)

Padang (ANTARA) - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengundang 10 orang Match Commisioner atau pengawas pertandingan asal Sumatera Barat untuk mengikuti penyegaran jelang bergulirnya Liga 2 dan Liga 1 EPA U-20.

Ketua Komite Wasit Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Barat Yulius Dede di Padang, Rabu mengatakan 10 orang pengawas pertandingan tersebut akan mengikuti penyegaran secara daring.

Sepuluh orang tersebut adalah Ali Usman, Batlimus, David Alfison, Dhio Pantosa, Edo Wiradana, Ermen Putra, Fredi Khasbullah, Herlin, Remendra dan Tardianis

"Mereka ini adalah bagian dari 25 orang lulusan penyetaraan Macth Commisioner yang digelar Asprov PSSI Sumbar beberapa waktu lalu. Ada 40 orang yang mengikuti penyetaraan dan saat itu hanya 25 orang yang lulus," kata dia.

Menurut dia data mereka sudah ada di Asprov PSSI Sumbar dan dilaporkan ke PSSI pusat, berhubung ada penyegaran maka PSSI menghubungi mereka.

"Bisa saja mereka dipersiapkan untuk pengawas pertandingan Liga 2 atau Liga 1 EPA U-20," kata dia

Sementara salah seorang Match Commisioner asal Sumbar yang dipanggil Edo Wiradana mengaku tersanjung dipanggil untuk mengikuti penyegaran usai dirinya banting stir sebagai asisten wasit Liga Indonesia sejak 2007 hingga2019 lalu menjadi pengawas pertandingan.

"Saya pribadi tersanjung karena masih diperhatikan PSSI dan terpilih ikut penyegaran ini. Kita ingin berikan yang terbaik saat menjadi Match Commisioner ini," kata dia.

Edo Wiradana mengantongi lisensi C1 nasional dan telah melakoni pertandingan di kancah nasional dan internasional.

Sejumlah pertandingan internasional juga telah dilakoni seperti menjadi asisten wasit saat gelaran Piala AFF di Laos pada 2011, Trophy Sultan Hasanah Bolkiah di Brunai Darussalam pada 2012, pertandingan persahabatan Indonesia menghadapi Inter Milan pada 2012 kemudian ditugaskan AFC dalam gelaran Islamic Solidarity Game 2013.

Kemudian dirinya mengikuti lisensi Match Commisioner atau pengawas pertandingan di Lampung pada 2020 dinyatakan lulus namun kembali mengikuti penyetaraan yang digelar Asprov PSSI Sumatera Barat dengan instruktur Rony Suhatril.

"Alhamdulillah usai penyetaraan saya juga dipercaya sebagai Match Commisioner di Liga 3 Asprov PSSI Sumbar tahun 2021 dan terus bertugas hingga saat ini," kata dia