Disperindag Sumbar laksanakan pelatihan penumbuhan wirausaha di Sawahlunto

id Diperindag Sumbar,UMKM Sawahlunto,Berita Sawahlunto

Disperindag Sumbar laksanakan pelatihan penumbuhan wirausaha di Sawahlunto

Kegiatan pelatihan penumbuhan wirausaha baru oleh Disperindag Sumbar bagi pelaku UMKM Sawahlunto yang menghadirkan motivator dan konsultan bisnis nasional Dedi Vitra Johor. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Pelatihan Penumbuhan Wirausaha Baru di Kota Sawahlunto, Rabu, dengan menghadirkan motivator dan konsultan bisnis nasional Dedi Vitra Johor.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat Asben Hendri dihubungi dari Sawahlunto, Rabu, menyebut pelatihan yang diselenggarakan sejak 02-05 Agustus 2022 itu diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari pelaku UMKM di Sawahlunto.

"Ini bagian dari komitmen Pemprov Sumbar dalam menciptakan ribuan pengusaha muda, salah satunya kita mempersiapkan dan memperkuat dari sisi mental dan mindset (pola pikir). Karena itu narasumber sekarang itu adalah profesional di bidang konsultan bisnis sekaligus motivator pemberdayaan mindset," kata dia.

Ia mengatakan selanjutnya nanti setelah pelatihan pihaknya akan melakukan evaluasi, bagi peserta yang dinilai aktif dan kompeten berkesempatan diikutsertakan pada pelatihan berkelanjutan.

Motivator dan konsultan bisnis nasional Dedi Vitra Johor menyampaikan materi yang disampaikannya pada peserta adalah bagaimana memunculkan dan mengelola pikiran dan sikap-sikap yang mendukung kesuksesan menjadi pengusaha.

"Pada kesempatan ini kita mendampingi pelaku UMKM Sawahlunto untuk mengelola kepribadian (inner-self) seorang pengusaha. Metodenya antara lain dengan meningkatkan kepercayaan diri, mengelola mental-block atau trauma dan mengelola sudut pandang dalam menghadapi dinamika usaha," katanya.

Dedi menilai para peserta sudah memiliki dasar yang cukup bagus karena semua sudah mulai membangun usaha, untuk itulah pengelolaan kepribadian/mindset menjadi sangat penting dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha.

Salah seorang peserta pelatihan Anton Saputra dari Kelompok Tani Garuda Emas yang bergerak di bidang peternakan ayam mengaku senang dan mendapat banyak pencerahan dari kegiatan pelatihan tersebut.

"Modal membangun usaha kan tidak terbatas hanya dalam bentuk materi saja, pola pikir dan karakter diri itu juga termasuk modal usaha. Pelatihan seperti sekarang menjadi salah satu sarana bagi kami untuk mendapatkan modal sikap dan mindset itu," kata dia. (Yudha Ahada)