Jalur Padang-Solok sudah dapat dilalui kendaraan usai tertutup longsor

id Sitinjau Lauik longsor,Berita sumbar,Berita padang,Berita solok

Jalur Padang-Solok sudah dapat dilalui kendaraan usai tertutup longsor

Jalur Padang -Solok sudah dapat dilalui kendaraan pasca tertutup material longsor pada Senin siang (ANTARA/HO BPBD Padang)

Padang (ANTARA) - Jalan di kawasan Sitinjau Lauik yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok sudah dapat dilalui kendaraan usai tertutup beberapa jam akibat longsor yang terjadi di daerah setempat.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Basril di Padang, Senin mengatakan kejadian terjadi pada 12.14 WIB karena hujan dari pagi hingga saat ini hujan terus berlangsung.

"Sekarang pukul 15.15 WIB jalur tersebut sudah dapat dilalui kendaraan setelah dilakukan pembersihan material longsor,"kata dia.

Menurut dia untuk mengevakuasi material longsor ada alat berat dari Kementerian PUPR yang membantu pembersihan namun untuk material kecil pihaknya bekerja sama dengan pihak terkait melakukan pembersihan.

Material kecil seperti kerikil, lumpur dan batu masih berserakan di lokasi dan membahayakan bagi kendaraan yang melintas. Jalur tersebut, lanjutnya merupakan pendakian dan adanya material dan air hujan yang turun sejak pagi membuat lokasi itu menjadi rawan.

"Terutama mobil truk besar pengangkut barang dan juga mobil kecil sehingga kita lakukan pembersihan sehingga jalur tersebut dapat dilalui dengan baik," kata dia.

Ia mengatakan longsor yang terjadi di kawasan Panorama II Sitinjau Lawuik karena curah hujan yang tinggi dan dalam waktu yang cukup panjang.

"Daerah ini kemarin sudah longsor dan akibat curah hujan tinggi kembali longsor. Kita mengajak masyarakat yang melintas di jalur tersebut agar berhati-hati karena memang daerah rawan longsor," kata dia.