Wali Kota Bukittinggi: Duta Wisata jangan berperilaku menyimpang

id erman safar,bukittinggi,duta wisata,bujang jo gadih

Wali Kota Bukittinggi: Duta Wisata jangan berperilaku menyimpang

Wako Erman Safar bersama Bujang dan Gadih Bukittinggi. (ANTARA/Alfatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Erman Safar mengingatkan alumni dan "Bujang jo Gadih" sebagai Duta Wisata agar berperilaku baik karena menjadi cerminan generasi muda dan perpanjangan pemerintah.

"Mereka yang terpilih harus bisa merepresentasikan adat budaya Bukittinggi kepada pihak luar, para duta wisata ini, harus dapat bekerja maksimal dalam mempromosikan Bukittinggi. Jangan sampai berhenti di sini,”katanya di Bukittinggi, Senin.

Hal itu ia sampaikan usai pemilihan duta wisata "Bujang jo Gadih" yang merupakan ajang untuk menunjukkan eksistensi kepemudaan Bukittinggi.

"Bujang jo Gadih" Bukittinggi, lanjutnya harus dapat melanjutkan semangat pemuda dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

"Jangan sampai para 'Bujang Jo Gadih' Bukittinggi, memberikan contoh yang tidak baik dan berperan merusak moral generasi penerus bangsa, saya mengutuk keras jika ada alumni "Bujang Gadih" yang terlibat prilaku menyimpang," katanya.

Menurutnya, "Bujang Jo Gadih" harusnya dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk mempromosikan pariwisata Bukittinggi dan dapat mentransfer budaya yang baik untuk lingkungannya.

Sebelumnya, pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga telah menggelar Malam Anugerah Duta Wisata "Bujang jo Gadih" Kota Bukittinggi tahun 2022 dan menetapkan pemenang.

Pemilihan Duta Wisata Bujang jo Gadih tahun 2022, diikuti oleh 62 peserta. Dari jumlah itu, terpilih 10 pasang atau 20 orang, untuk mengikuti malam grand final.

Dari hasil penilaian dewan juri, terdapat 9 kategori pemenang, Bujang Bukittinggi 2022, diraih oleh Aldhi Maldini dan Gadih Bukittinggi 2022 diraih oleh Restuti Yuneka.

Selanjutnya Bujang wakil I, Fiego Firmansyah, Gadih wakil I, Dea Amanda Rasyia, Bujang wakil II M. Afif Afaet, Gadih wakil II Ayunisa Luthfi. Bujang favorit, M. Rifqi Rivalay, Gadih favorit, Najwa Putri Cahyani.

Bujang favorit sosial media diberikan pada Syaddad Tsany Sadewa, Gadih favorit sosial media diberikan pada Bulan Rahma Putri, Duta intelegensi dipercayakan pada Andama Rizky Maulana, Duta madani diperoleh oleh Roki Afrizal, Duta literasi jatuh pada Putri Nabila dan Duta persahabatan diraih oleh Arif Rahmat.

Kadisparpora Bukittinggi, Hendry, menjelaskan, kegiatan malam anugrah duta wisata "Bujang jo Gadih", sempat terhenti dua tahun karena COVID-19.

Pemilihan duta wisata "Bujang jo Gadih", bentuk generasi muda Bukittinggi yang punya integritas untuk promosikan Bukittinggi.

"Pemilihan duta wisata 'Bujang jo Gadih' Bukittinggi juga bertujuan untuk menggali peran generasi muda dapam mempromosikan potensi Bukittinggi sebagai Kota Wisata, Bujang jo gadih yang terpilih nanti, dapat mewakili Bukittinggi ke tingkat provinsi,” katanya.