Pemkot Pariaman komitmen jaga terumbu karang untuk peningkatan ekonomi

id Pariaman,Terumbu Karang,Sumbar

Pemkot Pariaman komitmen jaga terumbu karang untuk peningkatan ekonomi

Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Sumbar Yotta Balad (kanan) mengikat terumbu karang pada pelaksanaan pengabdian masyarakat oleh Poltekpel Sumbar di Kota Pariaman bertemakan tranplantasi terumbu karang kelompok masyarakat Pulau Angso Duo yang peluncurannya dilaksanakan Jumat (15/7). (ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) terus berkomitmen menjaga dan mendukung pelaksanaan transplantasi atau pencangkokan terumbu karang di daerah itu guna melindungi ekosistem laut dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui sektor wisata bahari.

"Transplantasi dan perlindungan terhadap terumbu karang itu penting karena pertumbuhannya yang lambat yaitu hanya satu centimeter per tahun," kata Sekretaris Daerah Kota Pariaman Yotta Balad di Pariaman, Sabtu.

Menjaga terumbu karang tersebut tidak saja dapat berdampak pada peningkatan produksi ikan namun juga memperkuat wisata bahari Pariaman dengan menjadikannya lokasi menyelam.

"Terumbu karang dapat menjadi tempat bagi ikan hias, produksi ikan bertambah, dan sebagai tempat snorkeling dan diving," katanya.

Pihaknya mengapresiasi perguruan tinggi, instansi, dan komunitas yang melaksanakan transplantasi terumbu karang di Pariaman serta mengedukasi warga setempat terkait pentingnya menjaga ekosistem bawah laut itu dari tangan jahil manusia.

Ia menyampaikan selama ini telah banyak perguruan tinggi, instansi, serta komunitas pencinta laut bekerjasama dengan Pemkot Pariaman melaksanakan transplantasi terumbu karang di daerah itu.

Diketahui Politeknik Pelayaran Sumbar melaksanakan pengabdian masyarakat di Kota Pariaman bertemakan transplantasi terumbu karang kelompok masyarakat Pulau Angso Duo yang peluncurannya dilaksanakan Jumat (15/7).

Pihaknya membuka peluang bagi perguruan tinggi menjadikan laut Pariaman sebagai laboratorium bagi mahasiswa dan pelajar yang ingin mengembangkan dan mempraktekkan ilmu di bidang kelautan.

Ia menambahkan laut Pariaman merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara yang potensi ini akan terus meningkat dan termanfaatkan jika terumbu karang di lautan kota itu tumbuh dan berkembang dengan baik.

Hingga saat ini ada sejumlah pulau di laut Pariaman dijadikan objek wisata bahari namun yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baru Pulau Angso Duo.