Pemkab Padang Pariaman sediakan 200 ribu bibit ikan sepanjang tahun untuk masyarakat

id bibit ikan,padang pariaman,sumatera barat

Pemkab Padang Pariaman sediakan 200 ribu bibit ikan sepanjang tahun untuk masyarakat

Sekretaris Dinas Perikanan Padang Pariaman, Sumbar Anton Wira Tanjung memberikan makan ikan di BBI yang dikelola dinas tersebut. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

​​​​​​​Parik Malintang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat menyediakan sekitar 200 ribu ekor bibit ikan sepanjang tahun untuk disebar di perairan umum dan kolam berdasarkan permintaan masyarakat di daerah itu.

"Bibit ikan itu untuk masyarakat yang mengajukan proposal dan kami akan mengerahkan tim untuk melihat jenis ikan yang dapat dibantu berdasarkan potensi daerahnya," kata Kepala Dinas Perikanan Padang Pariaman Khairul Nizam di Lubuak Aluang, Kamis.

Ia menyebutkan ada tiga jenis ikan yang dibudidayakan di balai benih ikan (BBI) yang dikelola dinas tersebut yaitu gurami, nila, dan mas yang ketiga jenis itu dibagikan secara gratis kepada masyarakat dengan alokasi 30 persen dari jumlah produksi.

Ia menyampaikan bibit ikan tersebut dibagikan kepada kelompok pemuda dan pengurus masjid yang tujuannya tidak saja untuk penambahan pasokan ikan di perairan umum dan kolam namun juga peningkatan konsumsi ikan serta ekonomi masyarakat.

"Ikan kami bagikan secara gratis, ini merupakan program bupati dan kami dinas teknis sebagai pihak yang merealisasikannya," katanya.

Ia menyebutkan ikan tersebut disebarkan di berbagai kecamatan di Padang Pariaman di antaranya VII Koto, Batang Anai, Lubuk Aluang, IV Koto Aur Malintang, dan Sungai Limau.

Khairul mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan produksi pembibitan ikan di BBI tersebut guna memenuhi permintaan dari masyarakat dan sebagai peningkatan pendapatan asli daerah.

Ia menyampaikan saat ini kendala yang dihadapi pihaknya yaitu indukan ikan yang sudah mulai tidak produktif namun dalam waktu dekat pihaknya akan menggantinya dengan yang lebih produktif sehingga produksi bibit ikan di BBI itu semakin meningkat.

"Kami akan melakukan revitalisasi indukan agar ikan yang dihasilkan betul-betul berkualitas," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga akan memperluas BBI sehingga dapat memperbanyak kolam budidaya yang nantinya berdampak pada peningkatan produksi.