Atlet Malaysia dan Singapura ikuti Turnamen Tenis Meja Darman Tamin Cup

id Turnamen Tenis Meja Darman Tamin Cup,padang,sumbar,Desnayeti,Semen Padang,berita pdang,berita sumbar,unand padang,alumni unand padang

Atlet Malaysia dan Singapura ikuti Turnamen Tenis Meja Darman Tamin Cup

Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar bersama panitia Turnamen tenis meja Darman Tamin Cup di GOR PT Semen Padang (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Atlet Malaysia dan Singapura tergabung dalam ratusan atlet yang mengikuti Turnamen terbuka tenis meja Darman Tamin Cup yang digelar di GOR PT Semen Padang pada 26-29 Mei 2022.

Pembina PTM Mutiara Andalas Desnayeti yang menggagas turnamen ini di Padang, Kamis mengatakan ada 150 atlet yang terlibat di turnamen ini dan diharapkan mampu menjaring bibit petenis meja terbaik untuk PON maupun even internasional lainnya.

"Turnamen ini diberi nama Darman Tamin Cup sebagai penghormatan kepada guru kami yang menggelorakan tenis meja di Sumatera Barat pada tahun 1970-an. Dirinya mengajarkan teknis bermain tenis meja kepada kami atlet Universitas Andalas dan Sumatera Barat yang kala itu menghadapi pertandingan," kata dia.

Dirinya berharap turnamen ini dapat rutin digelar setiap tahunnya dan saat ini panitia turnamen adalah atlet tenis meja tahun 70 an dan 80 an yang ingin menggelorakan kembali tenis meja di Sumatera Barat.

"Semangat ini tak pernah pudur untuk menumbuhkan bibit petenis meja unggulan," kata dia.

Sementara Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar mengatakan turnamen ini merupakan terobosan yang digelar usai pandemi COVID-19 mulai mereda.

"Kita gelar ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam iven ini," kata dia.

Dirinya juga mengajak untuk menggalakkan kembali olahraga terutama tenis meja, PT Semen Padang memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap namun saat pandemi fasilitas ini kurang terperhatikan dan pihaknya akan mencoba melakukan perbaikan secara perlahan.

"Untuk sekaligus tentu akan membutuhkan dana yang besar dan kita coba prioritaskan dari GOR PT Semen Padang ini. Kita terus melakukan pembinaan olahraga baik untuk menciptakan atlet maupun memfasilitasi kegiatan olahraga. Kita mendukung kegiatan ini agar berjalan rutin setiap tahunnya agar muncul atlet berbakat," kata dia.

Sementara Sekum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Sumbar Edi Firmansyah mengapresiasi kegiatan ini yang diinisiasi petenis meja senior dari Unand.

"Ini memberikan semangat pecinta tenis meja. Kalau atlet veteran bisa ini menggelar turnamen ini tentu menjadi cambuk agar yang muda untuk menggelorakan tenis meja di Sumbar. Kita berharap ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya," kata dia. (*)