Rakorda Gerindra rekomendasikan Andre Rosiade jadi calon gubernur Sumbar

id Rakorda gerindra sumbar,Andre rosiade,Gerindra sumbar

Rakorda Gerindra rekomendasikan Andre Rosiade jadi calon gubernur Sumbar

Rakorda Gerindra Sumbar yang digelar di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada Sabtu (26/3). (ANTARA/Fathul Abdi)

Padang (ANTARA) - Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) merekomendasikan Andre Rosiade yang merupakan ketua DPD Gerindra Sumbar sebagai calon gubernur 2024.

Rekomendasi tersebut merupakan satu dari dua rekomendasi penting yang diputuskan dalam Rakorda pada Sabtu (26/3), sedangkan lainnya adalah mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024.

"Sudah menjadi keputusan bulat untuk mengusung dan memenangkan Prabowo sebagai calon presiden dan Andre Rosiade sebagai calon gubernur," kata Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman, di Padang, Minggu.

Ia mengatakan keputusan dari dua rekomendasi politik tersebut dihadiri langsung oleh seluruh DPC Gerindra Kabupaten dan Kota di Sumbar serta pengurus organisasi sayap Gerindra.

Evi Yandri menyatakan bahwa Gerindra akan selalu mengutamakan kadernya untuk maju dalam kontestasi politik baik dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), atau pemilihan presiden.

“Ini menjadi kesepakatan kami semua yang dikuatkan oleh Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade dan Dewan Pimpinan Pusat Gerindra,” katanya.

Ia mengatakan dalam Rakorda juga telah ditetapkan target-target untuk meningkatkan peraihan kursi dan suara masa pemilihan legislatif dan Pilkada 2024.

Saat ini untuk jumlah anggota DPRD tingkat kabupaten atau kota di Sumbar dari fraksi partai berlambang kepala burung garuda itu ada sebanyak 93 orang.

Pihaknya menargetkan pada 2024 bisa bertambah menjadi 120 orang, sementara untuk anggota DPRD tingkat provinsi yang saat ini berjumlah 14 orang ditargetkan naik menjadi 20 orang.

Hal yang sama juga ditargetkan untuk anggota DPR-RI asal Sumbar dari Gerindra yang kini sebanyak 3 orang, menjadi 4 orang.

Ia mengatakan untuk langkah ke depan pihaknya akan menguatkan sinergisitas antara kader partai, DPD, DPC, Fraksi DPR RI, DPRD Sumbar dan DPRD tingkat Kabupaten dan Kota.

“Gerindra juga merekomendasikan rapat partai satu kali sebulan sesuai tingkatan agar mesin partai terus bergerak dan terus berkembang,” kata Evi Yandri.

Ia menegaskan bahwa seluruh kader Gerindra Sumbar harus patuh dan taat kepada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) yang dimiliki partai.

“Kami terus melakukan konsolidasi kepengurusan di semua tingkatan pengurus mulai dari provinsi hingga ranting, serta merevitalisasi pengurus," kata Evi Yandri yang disebut-sebut akan maju sebagai calon Wali Kota Padang.

Sebelumnya, Rakorda Gerindra Sumbar dibuka langsung oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, dan dihadiri Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno.