PMI Pasaman Barat distribusikan air bersih ke 14 titik pemukiman warga terdampak gempa

id Pmi pasbar,Gempa pasbar,Bantuan gempa pasbar

PMI Pasaman Barat distribusikan air bersih ke 14 titik pemukiman warga terdampak gempa

PMI Pasaman Barat mendistribusikan air bersih ke 14 titik pemukiman terdampak gempa hari ini, Selasa. (Antara/PMI Pasbar).

Simpang Empat (ANTARA) - Tim relawan operasi Tanggap Darurat Bencana (TDB) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mendistribusikan air bersih di 14 titik permukiman warga terdampak bencana gempa di Pinagar dan Kajai.

Menurut Koordinator Layanan Wash pada tim operasi TDB PMI Pasaman Barat di Simpang Empat, Selasa (1/4) mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk layanan yang diberikan dalam kegiatan kemanusiaan guna membantu masyarakat terdampak gempa.

"Hari ini tim melakukan distribusi air bersih di Jorong Pinaga dan Jorong Kajai," katanya.

Pendistribusian air bersih itu dengan cakupan 667 jiwa dengan 350 jiwa laki-laki dan 317 jiwa perempuan dengan total volume air bersih yang didistribusikan sebanyak 10 ribu liter.

Ia merinci titik lokasi yang dilayani di daerah Pinagar adalah posko pengungsian di Dusun IV, posko Pelita I, posko Kampung Sawah, posko 04 Kampung Sawah dan posko Sungai Lampang di Kenagarian Pinagar Kecamatan Pasaman. Kemudian untuk Nagari Kajai meliputi posko pengungsian Melati I, posko Kampung Pinuriman I, posko Kampung Pinuriman II, posko Pinuriman III, posko Pinuriman IV, posko Pinuriman V dan posko Pinuriman VI.

Selanjutnya posko Kampung Ateh dan posko pengungsian terpadu PMI di Kampung Tangah, posko Induk Limpato, posko VIII Kampung Tangah dan posko IX Kampung Tangah.

Ia mengatakan, untuk giat pendistribusian air bersih itu pihaknya menerjunkan sebanyak empat relawan PMI dengan dukungan satu unit mobil tangki air milik PMI Sumbar berkapasitas lima ribu liter.

"Terkait kendala yang ia temukan di lapangan, tidak tersedianya wadah penampungan air dengan kapasitas isi besar belum tersedia, sehingga menyulitkan tim dalam melakukan percepatan dari segi waktu," katanya.

Sebelumnya, pihaknya juga telah mendistribusikan air bersih ke lokasi pengungsian di Jorong Timbo Abu atas dengan menggunakan unit mobil tangki air milik PMI Sumbar.***3***