KAN Langgam Rajo Nan Balimo Salareh Aia Agam dikukuhkan

id KAN

KAN Langgam Rajo Nan Balimo Salareh Aia Agam dikukuhkan

Pengurus KAN Langgam Rajo Nan Balimo Salareh Aia, Kecamatan Palembayan. (ANTARA/Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN) Langgam Rajo Nan Balimo Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dikukuhkan, berkat kesepakatan tiga elemen dari Jorong Tompek, Tapian Kandih dan Padang Koto Gadang.

Ketua Pelaksana Pengukuhan KAN, Fajri di Lubukbasung, Kamis, mengatakan pengukuhan itu bermodalkan kerja sama dengan tiga elemen masyarakat, tokoh adat di Jorong Tompek, Tapian Kandih dan Padang Koto Gadang.

"Kegiatan didukung oleh seluruh pihak di tiga jorong itu," katanya.

Dengan adanya KAN itu, tambahnya, dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat ke pemerintah.

"Ini kemudahan bagi masyarakat dengan adanya KAN ini," katanya.

Sementara itu, Pucuk Adat Kumpulan, Chairul Datuak Bagindo Kali menambahkan pengukuhan itu langsung dilakukan oleh KAN sendiri.

"Mengukuhkan lembaga KAN langsung dilakukan KAN dan LKAAM kecamatan dikukuhkan LKAAM kabupaten. Kehadiran saya kesini karena Datuak Bagindo Kali yang membuka lokasi ini," katanya.

Ia mengatakan, seluruh masalah yang ada di daerah itu bakal diselesaikan oleh Datuak Bagindo Kali dengan cara ninik mamak datang ke Kumpulan, Kabupaten Pasaman.

Ini mengingat lokasi itu pertama kali dibuka oleh Datuak Bagindo Kali.

"Ini sejarah yang tidak bisa dilupakan. Mudah-mudahan dunsanak di sini aman dan tidak ada permasalahan," katanya.

Ketua KAN Langgam Rajo Nan Balimo Salareh Aia, Joni Pranata Datuak Bandaro didampingi Wakil Ketua KAN Syafrizal Datuak Majo Lelo menambahkan pengurus KAN itu diisi oleh perwakilan dari ninik mamak di Nagari Persiapan Salareh Aia Barat dan Nagari Persiapan Salareh Aia Utara yang berasal dari suku sikumbang, tanjung, pili, chaniago, jambak, koto dan melayu.

"Ini nerupakan kesepakatan kami dan pengukuhan dilakukan secara adat. Setelah ini, dilakukan pengukuhan secara pemerintah," katanya.

Kedepan, pihaknya akan membangun kantor KAN yang berlokasi di samping kantor Wali Nagari Salareh Aia Barat.

Pembangunan kantor itu bakal dilakukan secara swadaya masyarakat. *