KAN Sumaniak wakili Tanah Datar KAN berprestasi tingkat Provinsi

id KAN Sumaniak,penilaian KAN terbaik sumbar,Berita sumbar

KAN Sumaniak wakili Tanah Datar KAN berprestasi tingkat Provinsi

KAN Nagari Sumaniak dinilai Tim provinsi pada penilaian KAN terbaik tingkat Sumatera Barat Jumat, (25/8) (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari (desa) Sumaniak, Kecamatan Salimpaung wakili Kabupaten Tanah Datar pada penilaian KAN terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Jum'at, mengatakan KAN Nagari Sumaniak berhak melaju ke tingkat provinsi Sumatra Barat karena merupakan yang terbaik di tingkat kabupaten.

"KAN Sumaniak telah melakukan berbagai terobosan yang belum dilakukan oleh KAN di nagari lain, untuk itu kami berharap KAN Sumaniak mampu menjadi yang terbaik di Sumatera Barat," kata dia.

Dia mengatakan, Pemkab Tanah Datar sangat mendukung adanya penilaian KAN terbaik tingkat Sumatera Barat.

Karena menurutnya, KAN merupakan salah satu unsur pemerintahan di nagari yang turut menentukan arah kebijakan pemerintahan nagari dalam melaksanakan pembangunan.

Karena keanggotaannya terdiri dari perwakilan niniak mamak, unsur alim ulama, cadiak pandai, unsur bundo kanduang dan unsur parik paga dalam nagari yang bersangkutan sesuai dengan adat salingka nagari.

“Seiring perkembangan di tengah masyarakat permasalahan juga akan semakin kompleks, permasalahan ini tentu tidak mungkin diselesaikan sendiri oleh pemerintah saja namun juga fungsi dari niniak mamak," kata dia.

Salah seorang tim penilai Quartita Evari Hamdiana mengatakan, penilaian tersebut bukan sekedar penilaian untuk lomba saja melainkan kepentingan bersama.

"Tidak hanya menilai saja tetapi bentuk penguatan pemberdayaan masyarakat dan penguatan kelembagaan adat serta motivasi bagi pemangku adat dalam melaksanakan tugasnya," kata dia.

Adapun penilaian KAN terbaik meliputi empat aspek, diantaranya mencakup aspek administrasi kelembagaan, penyelenggaraan adat, aspek kompetensi dan aspek kerja sama antar lembaga secara wawancara langsung.