Wako Payakumbuh resmikan mushalla di Hari Lahir Kecamatan Latina ke-13

id Remikann Mushlla, Kecamatan Latina, Wako Reza Falepi

Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat meresmikan Mushala dan melakukan penyerahan hadiah lomba serta pemberian beasiswa kepada anak sekolah saat puncak peringatan hari lahir Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) ke-13 yang berlangsung di halaman kantor camat setempat, Senin (31/1).

Wali Kota Riza Falepi dalam arahannya menyampaikan meski usia Kecamatan Latina yang masih muda namun sudah mampu menyejajarkan posisi dengan daerah lain dan Pemko Payakumbuh akan terus melanjutkan pembangunan di Latina termasuk kebutuhan infrastruktur agar daerah menjadi semakin baik.

“Mudah-mudahan di hari jadi Latina ke 13 ini berimpahlah keberkahan bagi semua orang,” kata Riza.

Ia mengatakan bahwa Kota Payakumbuh rasa badunsanaknya tinggi sehingga harus terus dibangun komunikasi dan koordinasi, silaturahmi terjaga dan harmonisnya kehidupan bermasyarakat.

“Keakraban kita jaga, hal-hal yang menjadi pembawaan kita sejak dahulu tetap terjaga. Lamposi adalah representasi tradisi yang masih terjaga dengan baik karena masyarakatnya homogen,” ujarnya.

Riza berharap kedepan Latina bisa lebih maju dari sisi pertaniannya, karena disini lahan masih luas. Riza mengajak seluruh pihak untuk berfikir jauh bagaimana cara bertani yang lebih baik dan produktif.

“Kita merasa kesulitan karena harga pupuk yang mahal, maka perlu ada cara lain kedepan yang bisa kita fikirkan dan cari jalan keluarnya,” katanya.

Camat Latina Diki Engla Mardianto mengataka sudah 2 tahun perayaan HUT Latina ini tak terselenggara karena dilanda pandemi Covid-19.

Dalam pelaksaaan pihaknya meminta pandangan, arahan, dan bimbingan dari Ketua LKAAM, KAN, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan tokoh masyarakat, ternyata mereka mendukung sepenuhnya perhelatan akbar tersebut.

“Di usia Latina ke 13 tahun, ada 13 cabang lomba yang diselenggarkaan, ada lomba olahraga, sosial budaya, dan agama, hingga melaksanakan gotong royong di berbagai kelurahan. Hari ini juga dilaksanakan penyerahan beasiswa anak-anak SLTA dari lembaga kesejahteraan sosial Peti Bunian Lamposi,” ungkapnya.

Dengan telah selesainya seluruh rangkaian kegiatan memperingati HUT Kecamatan Latina yang ke 13 tahin ini, camat menghimbau masyarakat agar menjadikannya sebagai momentum meningkatkan persatuan dan rasa gotongroyong bersama.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat bahu-membahu bersama pemerintah untuk menyukseskan setiap pembangunan di berbagai bidang,” ungkapnya.