PLN Sumbar serukan K3 unggul, momentum bulan K3 Nasional 2022

id PLN,Bulan K3

PLN Sumbar serukan K3 unggul, momentum bulan K3 Nasional 2022

PLN UIW Sumbar apel peringatan bulan K3 tahun 2022. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Momentum peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2022, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar mengadakan beberapa rangkaian kegiatan.

Kegiatan bertempat di lapangan tenis indoor Kantor Induk, PLN UIW Sumbar adakan Apel Peringatan, Penandatanganan Komitmen Zero Accident, Sosialisasi K3, dan Kompetisi "Rangking 1", di Padang, Jumat.

Mengangkat Tema "Penerapan Budaya K3 pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi", apel diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kantor Induk PLN UIW Sumatera Barat.

Bulan K3 Nasional berlangsung dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari setiap tahunnya. Pada sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah, yang dibacakan oleh GM PLN UIW Sumbar selaku Pembina Apel, Bulan K3 Nasional Tahun 2022 diharapkan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan untuk mengedepankan keselamatan kerja dalam setiap proses ketenagakerjaan.

Menurut Menteri Ketenagalistrikan RI, tingginya itentitas pekerjaan harus disesuaikan dengan strategi pengendalian potensi bahayanya. Sehingga masing-masing pengawas pekerjaan dapat melakukan pencegahan terhadap potensi-potensi bahaya yang bisa terus berkembang.

General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo pun berharap, peringatan Bulan K3 Nasional dapat menjadi momentum untuk menyerukan Budaya K3 Unggul. "Saya berharap di Tahun 2022 PLN UIW Sumbar dapat berkomitmen menghindari kejadian kecelakaan kerja, apalagi yg menyebabkan kehilangan nyawa."

Untuk itu, Toni mengajak kerjasama dari seluruh pihak di lingkungan PLN UIW Sumbar. "Mari bekerjasama untuk menjaga K2K3. Jika melihat unsafe action dan unsafe condition untuk segera melaporkan kepada bagian yang bertanggungjawab untk bersama sama mencegah kemungkinan kecelakaan kerja."

Sesuai Apel, Pejabat Pengendalian K3L Misran Hasra menyampaikan sosialisasi K3 mengenai Keselamatan Ketenagalistrikan.

"K3 adalah substansi yang penting dan vital. Perlindungan K3 merupakan kebutuhan dan hak tenaga kerja. Selain itu, dengan K3 kita menciptakan tempat kerja yang sehat, aman, dan produktif. Mengedepankan K3 dapat mengurangi kerugian akibat kecelakaan kerja,’’ ulas Misran dalam paparannya.

Akhir acara Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2022 pada Jumat pagi ini dimeriahkan dengan Kompetisi "Rangking 1". Total 40 pegawai dari 7 Bidang berkompetisi memperebutkan predikat Rangking 1 dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan multiple choise seputar K3 di lingkungan kerja. Melalui kompetisi ini pegawai diajak untuk mencari tahu informasi-informasi seputar K3 di lingkungan kerja.*
PLN UIW Sumbar apel peringatan bulan K3 tahun 2022, beragam kegiatan digelar. (ANTARA/HO-PLN)