Bupati Solok Selatan bagikan seragam sekolah gratis kepada siswa baru SD dan SMP

id khairunas,seragam sekolah gratis,solok selatan,sumbar

Bupati Solok Selatan bagikan seragam sekolah gratis kepada siswa baru SD dan SMP

Bupati Solok Selatan Khairunas menyerahkan bantuan seragam sekolah gratis kepada salah seorang perwakilan pelajar SD di SDN 10 Rimbo Tangah, Rabu (1/12). (Antara/ErikĀ )

Padang Aro, (ANTARA) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat membagikan bantuan seragam sekolah gratis kepada siswa baru tingkat SD dan SMP Negeri se-Kecamatan Sangir, Rabu.

"Pada 2021 kami telah menganggarkan dana sekitar Rp1,1 miliar untuk program seragam gratis dan tercatat 4.769 siswa baru SD dan SMP se-Kabupaten mendapatkannya," kata Bupati Solok Selatan Khairunas di Padang Aro.

Setiap siswa baru SD dan SMP di Tahun 2021 ini mendapatkan bantuan seragam gratis berupa baju putih dan baju pramuka.

Orang tua siswa penerima bantuan seragam gratis harus sudah divaksin COVID-19, untuk murid SMP murid dan orang tuanya wajib divaksin.

Sedangka pada 2022 katanya, Pemkab sudah mengakomodir bantuan seragam gratis untuk seluruh siswa baru yang ada di Kabupaten Solok Selatan, baik SD, SMP, Madrasah dan SMA/SMK/MA yaitu sebanyak 11.560 orang dengan anggaran sekitar Rp2,5 miliar.

Dia mengatakan, pendidikan merupakan prioritas utama Pemkab Solok Selatan sehingga peningkatan mutu dan kualitas pendidikan perlu dilakukan.

Salah satunya cara peningkatan mutu dan kualitas katanya, melalui kerja sama Pemerintah Daerah dengan Kementerian Pendidikan melalui program sekolah penggerak.

Saat ini katanya, ada 100 kepala sekolah yang sudah mendaftar dalam program sekolah penggerak yang terdiri dari 15 kepala sekolah TK, 69 Orang tingkat SD dan 16 kepala sekolah SMP yang selanjutnya akan dilakukan proses seleksi.

Selanjutnya pada 2022 akan dilanjutkan pendaftaran kepala sekolah lainnya ke dalam program sekolah penggerak dan juga program guru penggerak.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan Irwandi Osmaidi mengatakan, seragam gratis bagi pelajar sudah dibagikan di enam Kecamatan dan tinggal satu lagi di Sangir Balai Janggo.

"Seragam gratis di Sangir Balai Janggo berkolaborasi dengan perusahaan Incasi Raya Grup sekitar 300 stel pakaian yang akan dibagikan," ujarnya.

Untuk 2021 Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, membagikan 9.098 seragam sekolah gratis kepada siswa SD dan SMP Negeri yang tersebar di tujuh kecamatan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2022