Solok Selatan bagikan 21.828 pasang seragam sekolah gratis

id seragam sekolah gratis solsel,pemkab solsel,berita solsel,berita sumbar,bupati solsel

Solok Selatan bagikan 21.828 pasang seragam sekolah gratis

Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Wakil Bupati Yulian Efi menyerahkan seragam gratis kepada seorang pelajar SMP di Kabupaten itu. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat membagikan 21.828 pasang seragam gratis untuk pelajar baru mulai tingkat taman kanak-kanak hingga SMA.

Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Selasa, mengatakan, pemberian seragam gratis bagi pelajar merupakan program unggulan kepala daerah dan ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam penguatan sektor pendidikan.

"Misi pemerintah Kabupaten Solok Selatan peningkatan kualitas SDM yang berkarakter, produktif dan kompetitif yang tujuannya untuk mempersiapkan generasi yang berkualitas, berdaya saing dan memiliki akhlak yang baik," katanya.

Khairunas berharap bantuan pakaian seragam gratis ini dapat meringankan beban para orang tua dan memberikan motivasi bagi para siswa untuk lebih giat belajar.

Dia mengatakan, komitmen meningkatkan SDM tidak hanya untuk program seragam gratis, tetapi juga yang lainnya seperti program kepala sekolah penggerak/guru penggerak, beasiswa untuk murid berprestasi, baik di tingkat SD, SMP dan SMA maupun untuk masuk ke perguruan tinggi.

Pada 2024 katanya, pemerintah akan mendorong melakukan pre-test membaca Al-Quran atau ayat pendek saat pendaftaran untuk semua calon siswa TK, SD, dan SMP.

Hal ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan nilai-nilai agama di kalangan pelajar.

Kepala Dinas Pendidikan Solok Selatan, Syamsuria mengatakan pembagian seragam gratis telah dimulai sejak tahun 2021, dan pada 2023 yang pertama diserahkan se- Kecamatan Sangir.

Untuk di Kecamatan Sangir tahun ini diberikan sebanyak 2.854 stel seragam untuk siswa SD dan SMP dan setelah ini dilanjutkan pembagian pada enam kecamatan lainnya secara bertahap.

Sebanyak 21.828 stel pakaian sekolah gratis yang dibagikan pada 2023 untuk murid TK, SD dan SMP dibawah Dinas Pendidikan Solok Selatan mencapai 12.734 pasang.

Sementara sebanyak 9.094 stel pakaian akan dibagikan kepada siswa madrasah dibawah Kementerian Agama (Kemenag) dan siswa baru SMA/SMK.