Pemkab Solok Selatan kembali serahkan seragam gratis

id Pemkab Solok Selatan,berita solsel,berita sumbar

Pemkab Solok Selatan kembali serahkan seragam gratis

Sekretaris Daerah Solok Selatan Syamsurizaldi menyerahkan seragam gratis kepada pelajar Taman Kanak-kanak. Antara/HO/Kominfo

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyerahkan seragam gratis pada siswa TK dan SMA sederajat untuk meringankan beban dari orang tua dalam membiayai pendidikan anaknya.

Bupati Solok Selatan yang melalui Sekretaris Daerah Syamsurizaldi, di Padang Aro, Rabu, berharap program unggulan ini bisa meringankan beban masyarakat, terutama yang anaknya baru masuk sekolah di tahun ini.

"Kalau ada keluarga yang jarak usia anaknya tiga tahun, itu amat terasa bebannya, karena anaknya akan masuk sekolah dalam waktu bersamaan apalagi bagi masyarakat yang kurang mampu," katanya.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan pemerintah kabupaten bersama dengan DPRD serius untuk terus mengawasi dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

"Solok Selatan menjadi yang pertama di Sumatera Barat dan satu-satunya yang memberikan seragam gratis dari TK-SMA dan menjadi percontohan di Sumatera Barat," katanya.

Menurutnya, meski jenjang SMA dan lembaga pendidikan swasta maupun yang berada pada kewenangan Kementerian Agama bukan ranah pemerintah kabupaten, namun ini merupakan bentuk dukungan dan kolaborasi pemerintah dalam menyokong pendidikan.

"Ini menunjukkan bahwa pembangunan membutuhkan kolaborasi dan kerja sama yang baik," ujarnya.

Tahun ini pertama kalinya jenjang pendidikan TK ikut mendapatkan bantuan seragam gratis dari pemerintah.

Jumlah yang dibagikan se-Solok Selatan berjumlah 1.484 stel pakaian, sedangkan untuk jenjang pendidikan SMA/SMK sebanyak 4.370 stel pakaian sehingga totalnya sebanyak 5.854 stel.