Kepala LLDIKTI Wilayah X tinjau keberadaan dosen PNS Dpk di Riau

id berita padang,berita sumbar,dikti

Kepala LLDIKTI Wilayah X tinjau keberadaan dosen PNS Dpk di Riau

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA (tengah) melakukan peninjauan terhadap dosen PNS Dpk di Riau guna meningkatkan kinerja dosen. (Antarasumbar/Humas LLDIKTI-X)

Kami selalu memantau kinerja dari dosen-dosen tersebut dengan harapan mereka bisa menjadi dinamisator dan motivator di perguruan tinggi tempat mereka berada,
Padang (ANTARA) - Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA mengadakan pertemuan dengan dosen PNS Dpk (Dipekerjakan) yang ada di Riau guna meningkatkan kinerja dosen.

"Kami selalu memantau kinerja dari dosen-dosen tersebut dengan harapan mereka bisa menjadi dinamisator dan motivator di perguruan tinggi tempat mereka berada," kata Herri di Padang, Kamis.

Ia mengatakan dalam peninjauan tersebut, pihaknya menyampaikan beberapa informasi yang perlu diketahui oleh para dosen, walaupun informasi tersebut ada di website LLDIKTI-X, namun penyampaian secara tatap muka juga perlu dilakukan.

Selain itu, pertemuan ini perlu dilakukan untuk menyamakan persepsi tentang tupoksi dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, yaitu penelitian, pengajaran, dan pengabdian masyarakat.

Pertemuan dilakukan dengan cara mengumpulkan dosen-dosen PNS Dpk di ibu kota provinsi atau di kota-kota yang paling banyak dosen PNS Dpk. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Pustaka Universitas Lancang Kuning, pada Rabu.

Prof Herri menyampaikan berdasarkan data PDDIKTI, LLDIKTI Wilayah X ada sekitar 100 orang dosen PNS Dpk di Riau yang tersebar di berbagai PTS.

Seperti di Universitas Islam Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Pasir Pangaraian, STIKes Hang Tuah, STIKes Payung Negeri, dan lain-lain.

"Dari pertemuan ini, diharapkan dosen PNS Dpk menjadi dosen yang profesional dan menduduki jabatan akademik tertinggi. Menjadi guru besar serta berkinerja bagus,” ucap Prof Herri.

Selain itu, pertemuan ini juga membahas solusi tentang bagaimana meningkatkan jabatan akademik hingga mencapai puncak karir tertinggi, yaitu guru besar.

Sampai saat ini, di Riau tercatat sembilan orang guru besar yang berasal dari dosen PNS Dpk.

Pada kesempatan tersebut, hadir Prof Musliar Kasim, sebagai narasumber. Mantan Wamendikbud yang juga rektor Universitas Baiturrahmah itu berbagi pengalaman tentang tugas dan peran dosen, karir serta kepemimpinan di perguruan tinggi.

Turut hadir Rektor Unilak Dr Junaidi, Wakil Rektor I Zamzami M.Kom, Wakil Rektor II Hardi, MM, dan Subkoordinator Pendidik dan Tenaga Kependidikan LLDIKTI Wilayah X Reri Anton, MM.

Rektor Unilak Dr Junaidi saat memberikan sambutan mengucapkan terima kasih kepada Prof Herri yang sudah mempercayakan kepada Unilak sebagai tempat pertemuan dosen PNS Dpk.

Ia mengatakan sebagian dosen PNS Dpk ada di Unilak, jumlahnya sekitar 20 orang. Menurut dia, kehadiran dosen PNS Dpk sangat membantu dalam pengelolaan penyelenggaran pendidikan tinggi.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2022