UNP raih peringkat tiga nasional pencapaian IKU PTN BLU di lingkup Kemendikbudristek

id UNP,Kolabortif, risek, pendidikan tinggi

UNP raih peringkat tiga nasional pencapaian IKU PTN BLU di lingkup Kemendikbudristek

Rektor UNP Prof. Ganefri (ANTARA/HO-UNP)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) kembali meraih prestasi penting antar Perguruan Tinggi se- Indonesia, karena berada di peringkat tiga dalam pencapaian Indikator Kerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi di lingkungan Kemendikbudristek.

"Kami bersyukur pada Allah SWT atas capaian ini, dan tentunya bangga serta mengucapkan terimakasih pada civitas akademica yang telah bekerja keras dalam memenuhi capaian IKU, anggaplah ini sebagai kado Dies Natalis UNP yang ke-67," kata Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D di Padang, Jumat.

Ia mengatakan UNP selalu berusaha memberikan hasil yang maksimal untuk masyarakat dan lembaga dengan selalu memperbaiki berbagai tuntutan kinerja yang ditagih oleh pemerintah tiap tahunnya melalui delapan PTN.

Pengumuman prestasi ini, disampaikan melalui Keputusan Dirjen Perguruan Tinggi dan Teknologi No. 135/E/KPT/2021 tertanggal 27 September 2021.

Berdasarkan peringkat PTN BLU, UNP berada di bawah Universitas Sebelas Maret (Solo) dan Universitas Negeri Yogyakarta diurutan Pertama dan Kedua. Selanjutanya Universitas Negeri Padang, Univeritas Brawijaya, dan Universitas Negeri Malang.

Selain itu, Wakil Rektor IV. Prof Dr Yasri, yang menjadi leading sector dalam pencapaian IKU UNP tersebut juga mengucapkan syukur karena kerja keras selama ini telah membuahkan hasil yang positif untuk lembaga.

Dalam penilaian IKU ini, Kemendikbud Ristek, menggunakan delapan indikator, adapun kedelapan IKU tersebut, dilihat dari lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapatkan pengalaman diluar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus.

Kemudian, hasil karya dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapatkan rekognisi internasional, program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, kelas kolaboratif dan partisipatif dan program studi berstandar internasional.

Dari hasil penilaian ini UNP mendapatkan penghargaan berupa insentif sebesar Rp14.780.000.000 dari Direktorat Jenderal dan Pendidikan Tinggi , Riset dan Teknologi.