Agar Pariaman dapat kehormatan, tim ini lakukan penilaian laut kota itu

id berita pariaman,berita sumbar,laut

Agar Pariaman dapat kehormatan, tim ini lakukan penilaian laut kota itu

 Tim Penilai Satyalencana Wira Karya 2021 bersama pendamping dari Pemerintah Kota Pariaman, Sumbar tiba di Pulau Kasiak, Selasa. (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Kota Pariaman salah satu dari beberapa daerah yang mengusulkan kepada kami (untuk mendapatkan Satyalencana Wira Karya),
Pariaman (ANTARA) - Tim Penilai Satyalencana Wira Karya 2021 mengunjungi Kota Pariaman, Sumatera Barat untuk menilai pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan kelautan yang dilakukan oleh wali kota setempat bersama jajarannya di daerah itu.

"Kota Pariaman salah satu dari beberapa daerah yang mengusulkan kepada kami (untuk mendapatkan Satyalencana Wira Karya)," kata Ketua Tim Penilai Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya Bidang Kelautan 2021, Nursyah Rizal di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan setelah dilakukan seleksi administrasi dan teknis maka terpilihlah Pariaman sebagai salah satu dari lima besar untuk mendapatkan tanda kehormatan tersebut.

Setelah mendengarkan pemaparan dan melihat langsung ke Pariaman, menurutnya Wali Kota Pariaman, Genius Umar memiliki kebijakan pengelolaan pariwisata khas pesisir dan kelautan di daerah itu.

"Kami sudah melihat banyak ruang publik yang dikembangkan dan dibangun yang bercirikan pantai," katanya.

Dalam pengembangan ruang publik tersebut tentu tidak saja dikerjakan oleh semua organisasi perangkat daerah namun komunitas dan masyarakat.

Pariaman pun dinilai unggul dalam di bidang pendidikan yang mencirikan kemaritiman melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja).

Sementara Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Parikanan Kota Pariaman, Dasril mengatakan

pihaknya mendapat surat dari Kementerian Dalam Negeri yang isinya meminta mengajukan calon penerima Satyalencana Wira Karya bidang kelautan.

"Jadi kami berpikir bahwa Pariaman kota wisata dan memiliki keunikan termasuk program Saga Saja," ujarnya.

Wali Kota Pariaman pun diusulkan sebagai calon penerima Satyalencana Wira Karya 2021 yang pemberian penghargaan itu merupakan rangkaian Peringatan Hari Nusantara yang dilaksanakan pada 13 Desember 2021.

Dasril menyebutkan ada dua keunggulan di Pariaman yaitu pariwisata dan Saga Saja untuk menyiapkan sumber daya manusia yang salah satu program studinya bidang kelautan.

Dengan program tersebut pemuda Pariaman dapat mempelajari potensi laut di sejumlah perguruan tinggi di provinsi itu.

Pada kesempatan tersebut tim penilai juga mengunjungi Pulau Kasiak sebagai kawasan konservasi dan Pulau Angso Duo sebagai objek wisata unggulan di Pariaman.