Esok, Sandiaga Uno dijadwalkan kunjungi desa wisata Apar Pariaman

id berita pariaman,berita sumbar,uno

Esok, Sandiaga Uno dijadwalkan kunjungi desa wisata Apar Pariaman

Wali Kota Pariaman, Sumbar, Genius Umar berjalan di trek mangrove di Desa Apar, Pariaman, Kamis. (Antarasumbar/HO-Diskominfo Pariaman)

Hari ini ada tiga kegiatan di Desa Apar, salah satunya persiapan kedatangan Menparekraf besok,
Pariaman (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dijadwalkan mengunjungi Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) Jumat (27/8) guna melihat pengelolaan pariwisata di desa yang masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 itu.

"Hari ini ada tiga kegiatan di Desa Apar, salah satunya persiapan kedatangan Menparekraf besok," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Kamis.

Dua kegiatan lainnya yaitu penilaian dari Kemenparekraf terkait Desa Wisata Apar dan penilaian terhadap Kelompok Sadar Wisata Apar Mandiri dari Pemerintah Provinsi Sumbar.

Kedatangan Menparekraf besok tersebut untuk melihat objek wisata Desa Apar diantaranya Sekolah Tinggi Ilmu Beruk, penangkaran penyu, dan hutan mangrove.

Genius mengatakan dengan adanya kedatangan tersebut maka pihaknya mempersiapkannya dengan melaksanakan gotong royong dengan sejumlah organisasi perangkat daerah terkait serta warga setempat.

Ia berharap Pariaman menjadi yang terbaik dalam ADWI 2021 karena melihat keunikan yang dimiliki desa tersebut dalam bidang pariwisata.

Untuk penilaian Pokdarwis, lanjutnya karena kelompok pengelola wisata di desa tersebut masuk ke dalam lima terbaik di Sumbar.

Kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno tersebut merupakan yang kedua kalinya dalam tahun ini yaitu pada April 2021 untuk mengunjungi Desa Wisata Tungkal Selatan.

Sebelumnya, Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB) di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi salah satu indikator yang memperkuat daerah tersebut masuk ke dalam 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

"Dari 21 desa wisata di Pariaman yang kami kirim untuk masuk nominasi, Desa Apar masuk 50 besar ADWI 2021," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono.

Ia mengatakan objek wisata di Desa Apar yang mendukung daerah itu masuk ke ADWI mulai dari STIB, penangkaran penyu, wisata treking ke hutan mangrove, kano di tepi mangrove, dan komunitas latihan selancar di pantai.