Kejari Pasaman Barat dorong percepatan realisasi penyerapan anggaran pemerintah daerah

id berita pasaman barat,berita pasaman,kejari

Kejari Pasaman Barat dorong percepatan realisasi penyerapan anggaran pemerintah daerah

Jajaran Kejaksaan Negeri Pasaman Barat usai melaksanakan upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 di Simpang Empat, Kamis. (Antarasumbar/Altas Maulana)

Artinya kita mendorong percepatan pelaksanaan kegiatan dengan tetap mematuhi aturan hukum yang berlaku,
Simpang Empat (ANTARA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mendorong Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) untuk percepatan realisasi penyerapan anggaran dalam berbagai kegiatan.

"Hingga saat ini penyerapan atau realisasi anggaran termasuk rendah. Sesuai amanat Kejaksaan Agung kami diminta mendorong dan mendukung percepatan realisasi anggaran kegiatan," kata Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Ginanjar Cahya Permana melalui Kasi Intel Elianto di Simpang Empat usai melaksanakan upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Kamis.

Ia mengatakan jajaran kejaksaan diminta Jaksa Agung untuk mendukung seluruh program pemerintah daerah baik propinsi atau kabupaten/kota dalam hal mandorong pelaksanaan realisasi anggaran.

Khusus di Kabupaten Pasaman Barat pihaknya melakukan pendampingan hukum terhadap kegiatan jika ada masalah hukum atau kendala yang dihadapi sehingga realisasi anggaran tidak sesuai dengan yang direncanakan.

Atas dasar amanat itulah, katanya pihaknya meningkatkan koordinasi dengan Pemkab Pasaman Barat untuk melakukan pendampingan mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan.

"Artinya kita mendorong percepatan pelaksanaan kegiatan dengan tetap mematuhi aturan hukum yang berlaku," tegasnya.

Pihaknya saat ini melakukan pendampingan terhadap 12 kegiatan yang ada di Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan pada Dinas Kesehatan.

"Kami berharap seluruh dinas dapat mengajukan pendampingan kegiatan sehingga realisasi percepatan kegiatan dapat tercapai sesuai harapan," katanya.

Pada momen Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 pihaknya melaksanakan upacara secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Biasanya upacara diadakan di luar namun saat ini di tengah pandemi diadakan dalam Aula dengan menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Pihaknya juga melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat dengan protokol kesehatan.

Diantara kegiatan yang diadakan adalah donor darah, vaksinisasi COVID-19, jalan santai, anjang sana ke panti asuhan dan mengunjungi pensiunan kejaksaan.***2***