Baznas RI tetapkan lima orang pimpinan Baznas Pasaman Barat

id baznas pasaman barat

Baznas RI tetapkan lima orang pimpinan Baznas Pasaman Barat

Kepala Bagian Kesra Setda Pasaman Barat Hendrizal. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia menetapkan lima orang pimpinan Baznas Kabupaten Pasaman Barat terpilih periode 2021-2026.

"Lima orang sudah ditetapkan oleh Baznas pusat dari 10 nama yang diusulkan," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Pasaman Barat, Hendrizal di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan lima orang yang lulus dan ditetapkan eleh Baznas RI itu adalah Muhajir, Agustar, Sutarman, Setarman dan Muhammad Jamil.

Menurutnya berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Baznas menyebutkan pada 28 Juni 2021 lalu Baznas RI telah melakukan wawancana secara online terhadap 10 nama yang diusulkan oleh Bupati Pasaman Barat.

Dalam wawancara itu dilakukan untuk mengetahui dan menilai penjabaran masing-masing calon yang meliputi uji komptensi subtantif tentang regulasi zakat, fikih zakat dan manajemen pengelolaan zakat.

Selain itu, Baznas RI melakukan investigasi tentang integritas, kapabalitas, akseptabilitas, profesionalitas dan rekam jejak masing-masing calon yang diusulkan.

"Setelah mendapatkan hasilnya maka Baznas pada 15 Juli 2021 menetapkan lima calon terpilih. Bagi yang tidak terpilih disebabkan tidak memenuhi persyaratan dari Baznas RI," sebutnya.

Pihaknya segera melakulan rapat pleno untuk menentukan ketua, wakil ketua dan bidang oleh ketua Panitia Seleksi Baznas Setia Bakti atau Asisten Pemerintahan Pemkab Pasaman Barat.

"Jika telah diadakan rapat pleno menentukan ketua maka akan di SK-kan Bupati Pasaman Barat untuk segera dilantik," katanya.

Ia berharap pimpinan Baznas yang terpilih nanti bisa mengembangkan Baznas dari segi pengumpulan.

"Jangan hanya tergantung kepada zakat PNS saja tetapi bisa merangkul para muzakkir di luar PNS. Saat ini pendapatan Baznas Pasaman Barat Rp6,5 miliar per tahun," sebutnya.*