Pemkot Pariaman pinjamkan delapan ventilator kepada RSUP M. Djamil untuk rawat pasien COVID-19

id ventilator, berita pariaman, berita sumbar

Pemkot Pariaman pinjamkan delapan ventilator kepada RSUP M. Djamil untuk rawat pasien COVID-19

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (kiri) mininjau RSUD dr. Sadikin untuk melihat ventilator yang dimiliki daerah itu dan akan dipinjaman ke RSUP M. Djamil. (Antara/HO-Diskominfo Pariaman.)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat meminjamkan delapan unit ventilator kepada RSUP M.Djamil Padang untuk merawat pasien COVID-19 yang jumlahnya semakin meningkat.

"Kota Pariaman tidak terlalu banyak yang dirawat dan memerlukan bantuan ventilator, jadi ini salah satu alasan kami meminjamkan delapan ventilator yang ada di Dinas Kesehatan Kota Pariaman," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan peminjaman ventilator tersebut juga karena pihaknya mendapatkan informasi bahwa ada pasien yang mengantre hingga dua hari untuk mendapatkan ventilator secara bergantian di RSUP M. Djamil Padang.

Oleh karena itu pihaknya berharap dengan peminjaman tersebut dapat membantu pasien COVID-19 yang sedang melawan virus tersebut di rumah sakit itu.

Ia mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk terus melawan pandemi COVID-19 dengan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah menyebutkan pihaknya hanya memiliki 10 ventilator yang digunakan untuk 10 tempat tidur kusus merawat pasien COVID-19 di RSUD dr. Sadikin.

Beberapa hari yang lalu pihak RSUP M. Djamil Padang melayangkan surat peminjaman 10 unit ventilator kepada Pemkot Pariaman namun permintaan tersebut baru dapat dipenuhi setelah melihat perkembangan COVID-19 di kota itu dan kebutuhan alat bantu pernapasan di RSUD dr. Sadikin.

Karena Pemkot Pariaman hanya memiliki 10 ventilator maka pihaknya hanya bisa meminjamkan delapan alat bantu pernapasan itu kepada RSUP M. Djamil Padang sedangkan sisanya akan digunakan untuk merawat pasien COVID-19 di RSUD dr. Sadikin.

Terpisah Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kesehatan Universitas Andalas dr. Andani Eka Putra mengatakan ventilator tersebut sekarang dibutuhkan oleh RSUP M. Djamil Padang untuk merawat pasien COVID-19 dengab gejala berat.

"Saya apresiasi untuk Wali Kota Pariaman yang telah meminjamkan ventilator," katanya. Ia menyampaikan RSUP M. Djamil Padang merupakan garda terakhir untuk menangani pasien COVID-19 karena memiliki gejala berat atau kritis.