Cuaca Ekstrem, Ini Pesan Wabup Pesisir Selatan

id cuaca ekstrem,wabup pessel,Rudi Hariyansyah

Cuaca Ekstrem, Ini Pesan Wabup Pesisir Selatan

Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah. (Antara / HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

​​​​​​​Painan (ANTARA) - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rudi Hariyansyah berpesan agar seluruh organisasi perangkat daerah di kabupaten setempat bersiaga meminimalkan berbagai bencana yang terjadi di daerah setempat.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas PSDA, Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Dinas PUTR, Dinas Sosial harus bersiaga," kata Rudi di Painan, Senin.

Ia menyebut, hal itu juga telah disampaikan secara langsung ke pejabat terkait pada apel rutin Senin pagi.

Selain itu, ia juga memerintahkan seluruh camat dan walinagari untuk aktif membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, sekaligus melaporkan bencana yang terjadi di wilayahnya.

"Jangan sampai masyarakat mengeluh akibat keterlambatan pemkab dalam bertindak ketika terjadi bencana. Kemudian segera laporan jika terjadi bencana di wilayah kerja masing-masing," imbuhnya.

Selanjutnya, ia juga meminta seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mempersiapkan semua data dan administrasi terkait Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

"Untuk itu diminta seluruh jajaran berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk pelaksanaan kegiatan ini," katanya.

Dia menambahkan, keterbukaan informasi publik sangat penting dalam rangka menciptakan pemerintah yang bersih, oleh karena itu, seluruh perangkat daerah harus meningkatkan keterbukaan informasi publik.