Bupati Hamsuardi tekankan pentingnya gotong royong

id Bupati hamsuardi

Bupati Hamsuardi tekankan pentingnya gotong royong

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi saat mencanangkan bulan bhakti gotong royong dan mengajak masyarakat menerapkan perilaku gotong royong dalam bermasyarakat. (ANTARA/Kominfo Pasbar)

Simpang Empat (ANTARA) - Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat Hamsuardi menekankan pentingnya perilaku gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.

"Perilaku gotong royong sebelum masa reformasi selalu ditanamkan pada setiap elemen atau lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Untuk itu, terus pupuk semangat gotong royong agar terus mengakar dan melembaga dalam kehidupan bermasyarakat," katanya di Simpang Empat, Sabtu.

Apalagi, katanya saat ini bertepatan dengan bulan bhakti gotong royong yang menjadi agenda rutin tahunan.

"Pencanangan bulan Bhakti yang ke-16 kali ini sangat tepat mengambil tema melalui bulan bhakti gotong royong kita efektifkan penerapan protokol kesehatan," sebutnya.

Selain itu ia menilai peran aktif PKK sebagai mitra pemerintah terlihat dalam masifnya melakukan kampanye protokol kesehatan COVID-19 dengan membagikan masker, membagikan alat pelindung diri, dan membagikan makan bergizi kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.

Ia menekankan kepada seluruh camat dan wali nagari agar menggerakkan seluruh masyarakat untuk melaksanakan kegiatan gotong royong masyarakat selama satu bulan ke depan. Apalagi sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Etris Dsem mengatakan pelaksanaan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-49 tingkat adalah sebagai forum berhimpunnya lembaga kemasyarakatan untuk memperingati dan meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kegotong royongan.

Menurutnya kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kepedulian serta peran aktif masyarakat berdasarkan kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan.

"Kegiatan itu menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong terutama dalam bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya dan lingkungan hidup," ujarnya. *