Pasaman Barat peroleh bantuan benih jagung untuk 10 ribu hektare

id berita Pasaman Barat ,pemkab Pasaman Barat ,Bupati Pasaman Barat Hamsuardi

Pasaman Barat peroleh bantuan benih jagung untuk 10 ribu hektare

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi (tengah) saat panen raya jagung di Ladang Rimbo Kecamatan Pasaman beberapa waktu lalu. Pada 2024 Pasaman Barat memperoleh bantuan benih jagung hibrida untuk 10 ribu hektare lahan. (Antara/Altas Maulana). 

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memperoleh bantuan benih jagung hibrida dari pemerintah pusat untuk lahan 10 ribu hektare dalam upaya meningkatkan produksi jagung dan menjaga ketahanan pangan di daerah itu.

"Benih jagung itu akan disebar di 11 kecamatan karena lahan yang disiapkan kita sebar nantinya sehingga masyarakat bisa memperoleh benih dari bantuan APBN itu," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pasaman Barat Doddy San Ismail di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan selain bantuan benih dari pemerintah pusat juga diperoleh bantuan dari Pemprov Sumbar untuk 300 hektare.

Menurutnya dengan adanya bantuan benih itu maka jumlah lahan baru untuk tanaman jagung akan meningkat dan produksi akan bertambah.

"Produksi jagung pada 2023 lalu mencapai 218.402 ton dengan luas tanam 35.449 hektare dan luas panen 36.179 hektare. Dengan adanya penambahan luas tanam diharapkan jumlah panen akan bertambah, "harapnya.

Untuk itu pihaknya menargetkan produksi jagung mencapai 223.236 ton selama 2024.

Menurutnya dalam upaya mencapai target itu maka pihaknya melakukan sejumlah upaya. Selain penambahan luas tanam juga meningkatkan kemampuan petani yang ada melalui pelatihan.

Selain upaya penambahan luas lahan tanam juga melakukan pengawalan dan pendampingan oleh penyuluhan di lapangan serta melakukan percepatan tanam.

Selain itu melengkapi sarana prasarana pertanian. Bantuan alat pra panen dan pascapanen berupa alat tanam dan alat pemipil jagung juga diperoleh dari pemerintah pusat dan provinsi.

Ia menjelaskan sentra produksi jagung terbesar berada di Kecamatan Luhak Nan Duo, disusul oleh Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Talamau.

Lalu Kecamatan Ranah Batahan Kecamatan Kinali, Kecamatan Koto Balingka dan Kecamatan Sungai Beremas.

Selanjutnya produksi jagung juga ada Kecamatan Sungai Aur, Kecamatan Lembah Melintang, Kecamatan Gunung Tuleh dan Kecamatan Sasak Ranah Pasisia.

"Pada umumnya tanaman jagung cukup diminati oleh masyarakat karena harganya relatif stabil. Saat ini harga jagung berada Rp7.000 per kilogram" jelasnya.