Himpunan Alumni IPB Sumbar akan pilih ketua baru

id berita padang,berita sumbar,ipb

Himpunan Alumni IPB Sumbar akan pilih ketua baru

​​​​​​​Ketua Umum Himpunan Alumni IPB Sumbar Arkadius Dt Intan Bano (tengah) bersama jajaran. (Antarasumbar/Ikhwan Wahyudi)

Jadi tidak ada batasan, syaratnya pertama alumni IPB,
Padang (ANTARA) - Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor Sumatera Barat (IPB Sumbar) akan memilih ketua umum yang baru periode 2021-2025 lewat Musyawarah Daerah yang akan digelar di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan pada 13-14 Maret 2021.

"Sejumlah nama mulai mengapung mulai dari Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi, hingga Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozarwadi dan pengusaha Meldian," kata Ketua Umum Himpunan Alumni IPB Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano di Padang, Jumat.

Menurut dia saat ini setidaknya terdapat sekitar 500 orang alumni IPB di Sumatera Barat dan setiap alumni punya hak untuk memilih dan dipilih sebagai calon ketua himpunan alumni.

"Jadi tidak ada batasan, syaratnya pertama alumni IPB, pernah kuliah minimal satu semester, berdomisili di Sumbar dan mengajukan diri sebagai calon ketua umum, kemudian diajukan dalam DPC dan DPK, " kata dia yang merupakan Ketua Komisi II DPRD Sumbar.

Ia menyampaikan dalam beberapa hari terakhir perkembangan soal calon ketua umum ini cukup hangat dibahas di grup media sosial.

"Ada banyak yang mencalonkan diri, termasuk Audy Joinaldy, baginya jika alumni menginginkan siap mengemban amanah dan tidak ada masalah," kata dia yang sudah dua periode menjabat ketua umum alumni.

Arkadius menambahkan selama ini alumni IPB di Sumbar cukup banyak berkontribusi bagi pembangunan diantaranya menggagas pendirian Asrama Mahasiswa Minang di Bogor.

"Tanahnya dibeli oleh alumni kemudian dihibahkan kepada Pemprov Sumbar dan saat ini sudah berdiri asrama yang digunakan untuk kegiatan ikatan mahasiswa hingga penginapan bagi mahasiswa Minang," kata dia.

Kemudian berkontribusi bersama jajaran alumni yang berada di pemerintahan membangun pertanian Sumbar termasuk mitigasi bencana, kata dia.

Sementara Ketua Panitia Musda Himpunan Alumni IPB Sumbar, Meldian menyampaikan kegiatan berlangsung selama dua hari di Painan.

Acara rencana akan dibuka oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi dilanjutkan dengan webinar bertema Optimalisasi Peran dan Sinergi Himpunan Alumni IPB Dalam Pembangunan Pertanian Menuju Sumbar Unggul dan Berkelanjutan yang akan disampaikan oleh Wagub Sumbar, Audy Joinaldy.

Ia memastikan acara dilaksanakan dengan mematuhi protokol COVID-19 sehingga digabung antara dalam ruangan dan daring.

Selain pemilihan ketua juga akan digelar bakti alumni berupa penanaman pohon.