Kursi Wawako Padang kosong, PAN usulkan beberapa nama

id PAN Sumbar,Padang,Sumbar

Kursi Wawako Padang kosong, PAN usulkan beberapa nama

Ketua DPW PAN Sumbar Indra Dt Rajo Lelo (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Barat akan mengusulkan sejumlah kadernya menjadi calon Wakil Wali Kota Padang mendampingi Hendri Septa yang naik menjadi Wali Kota Padang menggantikan Mahyeldi Ansharullah yang telah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Ketua DPW PAN Sumbar Indra dt Rajo Lelo di Padang, Kamis mengatakan penunjukan Wakil Wali Kota Padang sesuai dengan regulasi pihaknya mengacu kepada aturan untuk mengisi posisi wakil wali kota akan diusulkan partai pengusung yakni PKS dan PAN.

Menurut dia kader PAN juga berkemungkinan dapat terpilih meskipun Hendri Septa juga merupakan keder PAN dan juga Ketua DPD PAN Kota Padang.

"Itu semua tergantung kesepakatan oleh partai pengusung, namanya diusulkan ke DPRD Padang dan siapa yang akan dipilih itu tergantung keputusan di DPRD Padang. PAN akan mengusulkan calon begitu juga PKS," kata dia.

Ia mengatakan PAN dalam menentukan calon nantinya harus melalui DPP PAN, tidak selesai di daerah saja. Pihaknya akan mengusulkan sejumlah nama ke DPP dan DPP lah yang menentukan siapa yang diusulkan nantinya.

"Bisa dari kader partai bahkan bisa juga dari luar partai, semua itu tergantung keputusan DPP," katanya.

Terkait nama-nama yang akan diusulkan ke DPP PAN pihaknya masih merahasiakan, bisa satu nama atau dua hingga tiga nama yag diusulkan ke DPP.

Ia mengatakan kriteria calon harus memenuhi persyaratan sebagai wakil walikota harus paham bagaimana menjalankan roda pemerintahan. Pihaknya akan mengusulkan nama-nama tersebut ke DPP pada minggu depan.

"Siapapun yang ditetapkan sebagai calon tapi belum tentu juga terpilih, yang terpilih bisa dari PKS atau PAN dan yang penting orangnya bisa menjalankan pemerintahan dengan baik, bagaimana bisa memajukan Kota Padang, dan bersinergi dengan yang lain dan walikotanya," katanya.

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar