BPBD salurkan air bersih sejumlah lokasi alami kekeringan di Padang

id BPBD padang, Sumbar, Padang

BPBD salurkan air bersih sejumlah lokasi alami kekeringan di Padang

Penyaluran air bersih kepada warga Kota Padang yang mengalami kekeringan di Padang, Minggu (21/2) (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menyalurkan air bersih ke sejumlah lokasi di daerah tersbeut yang mengalami kekeringan dan membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Sutan Hendra di Padang, Minggu mengatakan pada hari i i pihaknya akan menyalurkan air di Kecamatan Padang Selatan yakni RT 2 RW 4 dan RT4 RW 4 Kelurahan Batang Arau.

Ia mengatakan ada 60 kepala keluarga yang menjadi target penyaluran pada hari ini.

"Kita salurkan 10.000 liter air bersih ke dua titik tersebut," kata dia.

Sementara pada Sabtu (20/2) pihaknya juga telah menyalurkan air bersih sebanyak 15 ribu liter ke lokasi yang mengalami kekeringan.

"Kemarin kita salurkan di Kelurahan Seberang Palinggam dan Batang Arau. Total ada 75 kepala keluarga," kata dia.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi kelas II Minangkabau Padang Pariaman menyatakan cuaca cerah di Sumatera Barat akan berlangsung hingga pekan depan

Koorbid Observasi dan Informasi Stasiun BMKG Minangkabau Yuda Nugraha mengatakan angin musim Asia mempengaruhi kondisi cuaca di Sumbar dan diprediksi akan berlangsung hingga pekan depan.

Menurut dia sejak awal Februari 2021 peluang hujan cukup di Sumatera Barat. Kondisi cuaca didominasi cerah berawan baik siang maupun malam hari.

Selain itu angin musim Asia mempengaruhi kondisi udara dengan menggeser massa udara basah di Sumatera Barat ke selatan dan tenggara sehingga akumulasi udara basah berkumpul di wilayah Selatan Sumatera dan Jawa.

"Kedua daerah ini memiliki intensitas hujan yang cukup tinggi," kata dia.

Kondisi cuaca di Sumatera Barat cenderung cerah dan kelembaban sangat tinggi jadi kondisi cuaca pada siang hari cenderung panas dengan suhu bisa mencapai 33 derajat

"Kondisi itu masih normal belum masuk kondisi ekstrim" kata dia.(*)